Pengertian Task Manager dan Cara Membuka

11 Oktober 2017 Tutorial Komputer


Task Manager merupakan salah satu aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows, Task Manager mempunyai nama lengkap Windows Task Manager. Windows Task Manager merupakan sebuah aplikasi yang disertakan pada sistem operasi Microsoft Windows yang tertanam pada sebuah komputer yang berfungsi sebagai pemberi informasi secara rinci mengenai kinerja komputer tersebut, memantau proses CPU, menampilkan informasi memori, aktivitas jaringan, dan sistem pelayanan.

Selain menampilkan informasi mengenai kinerja sebuah komputer, task manager juga dapat berfungsi sebagai pengatur penetapan prioritas proses aplikasi, menghentikan proses sebuah software dan sistem secara paksa, mematikan komputer, Log off komputer, dan afinitas processor.

Berikut bebera cara membuka task manager yang bisaberlaku pada setiap versi Sistem Operasi Windows.
1. Mengakses melalui menu pada taskbar. Caranya klik kanan pada taskbar di bagian bawah desktop kemudian pilih Task Manager. Cara ini berlaku untuk OS Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8/8.1
2. Dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan. Cara ini bisa digunakan untuk semua versi OS Windows
3. Buka menu Run (Window+R) lalu ketikkan taskmgr dan tekan OK, kemudian akan tampil jendela Task Manager
4. Buka Command Prompt lalu ketikan taskmgr.exe

Di dalam Task Manager terbaru seperti pada Windows 8/8.1 menu-menu yang berada di dalamnya sudah diperbaharui dan semakin memudahkan kita dalam memonitor dan mengatur kinerja komputer. Beberapa fitur yang berada pada aplikasi Task Manager terbaru diantaranya terbagi kepada beberapa Tab, yaitu:

  • Processes. Dalam tab ini terdapat proses yang sedang dijalankan oleh komputer saat itu. Termasuk di dalamnya proses aplikasi dan sistem. Apabila ada proses yang bermasalah, seperti aplikasi nge-freeze maka dapat diberhentikan pada tab ini dengan mengklik menu End task.
  • Performance. Pada tab ini menampilkan grafik kinerja dari beberapa komponen dalam komputer, yaitu aktivitas: CPU, Memory, Disk, Ethernet, dan Wi-fi. Dengan tab ini maka kita bisa memonitoring aktivitas dari seluruh komponen yang ada, sehingga jika terjadi permasalahan seperti komputer berat maka bisa langsung mengambil keputusan setelah mengetahui sumber permasalahannya.
  • App History. Menampilkan histori dari App, yaitu aplikasi yang berjalan dalam tampilan metro Windows 8/8.1.
  • Startup. Dalam tab ini yaitu menampilkan pengaturan aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika komputer pertama kali dijalankan. Jika ada banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan maka akan berakibat pada lambatnya kinerja komputer. Oleh karena itu sekiranya ada aplikasi yang tidak terlalu penting untuk dijalankan secara otomatis, maka disable proses startupnya di tab startup dalam aplikasi task manager ini.
  • User. Tab ini menampilkan user yang sedang digunakan saat itu beserta aplikasi yang sedang dijalankan oleh masing-masing user tersebut.
  • Details. Menu ini menampilkan detail proses dari aplikasi yang terdapat pada tab processes. Seperti pada tab processes di dalam tab ini pun user bisa mengontrol aktivitas semua aplikasi dan sistem.
  • Services. Di tab ini terletak service windows yang tersedia di dalam komputer tersebut. Service mencakup seluruh fitur yang ada, seperti service sound, service TCP/IP dan lain-lain. Kita bisa mengontrol semua service tersebut untuk dijalankan atau diberhentikan.


Jadi, kegunaan task manager adalah kita dapat mengontrol semua aplikasi yang berjalan saat itu. Sehingga ketika komputer mengalami masalah maka kita akan bisa mengetahui titik dari permasalahan tersebut, dan kita bisa memutuskan langkah apa yang harus diambil untuk memperbaikinya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)