Pengertian Jaringan Komputer Tanpa Kabel (Wireless Network)

29 Mei 2019 Tutorial Komputer


Wireless network atau yang biasa disebut jaringan tanpa kabel merupakan jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel jaringan seperti UTP, coaxial, fiber optic, namun memanfaatkan sinyal elektromagnetis. Saat sekarang banya sekali yang sudah menggunakan jaringan wireless karena selain lebih efisien juga lebih praktis, ditambah lagi saat sekarang hampir semua laptop sudah terpasang perangkat penerima jaringan wireless.

Hal yang paling menjadi kelebihan dari jaringan wireless adalah kemudahan dalam pemasangan dan lebih praktis karena tidak perlu memasang banyak kabel untuk membuat koneksi. Pengguna cukup mengaktifkan fitur wireless pada perangkat komputer atau pada perangkat mobile, lalu menghubugkan diri ke jaringan wireless yang ada.

Selain itu jaringan komputer tanpa kabel (wireless network) juga memiliki banyak kekurangan, diantaranya:

  • Ancaman interferensi dari gelombang lainnya yang dapat mengganggu koneksi jaringan
  • Kemungkinan diserang oleh attacker secara remote
  • Sinyal wireless biasanya terganggu oleh beberapa penghalang fisik seperti tembok, pohon dan benda yang lain yang sulit untuk ditembus oleh sinyal wireless.


Sekarang ini banyak orang menggabungkan antara jaringan wireless dan jaringan dengan kabel untuk membangun sebuah jaringan komputer atau biasa disebut dengan jaringan hibrida yang bertujuan untuk menggabungkan kelebihan dari masing-masing jaringan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)