Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

12 April 2019 Tutorial Komputer


Kata jaringan komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi atau data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.

Berbicara mengenai manfaat dari jaringan komputer. Terdapat banyak sekali manfaat jaringan komputer, sebagai berikut:
1. Menjadikan sistem komputer menjadi lebih mudah dioperasikan dan fleksibel
2. Banyak aplikasi pendukung yang dapat dijalankan di berbagai macam jenis komputer
3. Tidak menjadikan ketergantungan terhadap satu jenis komputer (sehingga jenis komputer lain bisa dikoordinasikan secara bersamaan)
4. Reabilitas tinggi dan dapat membagi sumber daya
5. Memperluas pendayagunaan sistem operasi
6. Memperluas kemudahan berkomunikasi
7. Memudahkan kecepatan mengakses informasi

Itulah informasi tentang pengertian dan manfaat jaringan komputer. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)