Pengertian dan Fungsi Disk Defragmenter pada PC Windows

10 Desember 2015 Tutorial Komputer


Disk Defragmenter adalah sebuah software atau fitur yang terdapat pada sistem operasi yang berguna untuk mengatur atau menyusun kembali data yang telah bertumpuk dan diletakkan tidak pada tempatnya. Aplikasi defrag ini sudah terdapat pada sistem operasi dari Microsoft sebagai software bawaan, sudah ada sejak WIndows XP, Windows Vista, Windows 7, bahkan Windows 8. Anda bisa juga download atau beli software defrag dengan versi lainnya yang banyak ditawarkan di internet.

Jadi, fungsi disk defragmenter adalah membantu mempercepat akses ke sebuah data pada drive komputer Anda, melalui penyusunan dan mengatur kembali data pada perangkat PC denganbegitu waktu untuk mengakses data lebih cepat dikarenakan data-data yang tadi bercampur atau berantakan akan ditaruh kembali pada tempatnya. Anda bisa kapan saja defrag PC, bisa dilakukan dengan manual atau bisa juga dijadwal atau schedule. Dengan adanya bantuan aplikasi ini, Anda tidak perlu kwatir lagi data akan berantakan, karena akan disusun kembali dengan rapi dan membuatakses data akan lebih cepat oleh software ini. Anda jangan berpikiran penyusunan data berarti memindahkan file dalam PC dari satu tempat ke tempat lainnya, buka seperti itu tapi penyusunan data.

Cara melakukan disk defragmenter
1. Pertama, klik Start Menu -> All Program -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter.
2. Setelah Klik menu Disk Defragmenter maka Anda akan melihat partisi yang akan di defragment, termasuk pastisi hidden yang dibuat oleh Windows 7.
3. Jika Anda ingin melihat apakah sebuah partisi memang perlu di defrag atau tidak, Anda klik tombol Analyze Disk.
4. Hasil dari analisa tersebut dapat dijadikan sebagai acuan apakah partisi perlu di defrag atau tidak. Meskipun hasil analisa menunjukkan kalau sebuah partisi tidak memerlukan defragment, Anda masih bisa melakukan defrag ke partisi tersebut.


Demikian pengertian dan fungsi Disk Defragmenter pada PC, setelah semua drive terdefrag biasanya loading pc akan sedikit lebih ringan, lakukanlah defrag scara kontinyu minimal 2 bulan sekali.

Semoga bermanfaat...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)