Menyembunyikan File Rar ke dalam Gambar dengan CMD

23 Oktober 2017 Tutorial Komputer


Banyak sekali aplikasi atau program komputer yang bisa membantu untuk menyembunyikan file-file penting ke dalam gambar. Akan tetapi, kebanyakan program tersebut mengharuskan Anda untuk menggukana password untuk membuka file penting Anda tersebut. Sedangkan cara ini adalah trik rahasia yang masih sangat jarang diketahui untuk menyembunyikan file penting.

Berikut langkah sembunyikan file RAR ke dalam gambar dengan menggunakan cmd:
1. Yang harus dilakukan adalah dengan menginstall program Winrar terlebih dahulu di komputer Anda. Program ini umumnya pasti selalu pada setiap komputer dengan sistem operasi Windows.
2. Masukkan file penting yang ingin Anda sembunyikan tersebut ke dalam Winrar dalam format file ".rar". Setelah itu, pindahkan file tersebut ke drive yang mudah untuk Anda temukan, seperti pada contoh ini, akan menyimpannya ke drive C, jangan lupa sertakan pula file gambar ".jpg" yang akan menjadi file kamuflasenya.


3. Jika filenya sudah berada pada lokasi yang bisa Anda temukan dengan mudah, silahkan Anda buka program Command Prompt (CMD) di komputer Windows Anda.


4. Di tahap ini Anda harus sedikit memahami perintah-perintah dasar CMD untuk bisa memudahkan Anda masuk di dalam folder file yang ingin di sembunyikan tersebut. Karena, tadi disimpan pada drive C folder Pictures, maka cukup mengetikkan perintah "cd Pictures".


5. Setelah berada di dalam folder Pictures tersebut lalu ketikkan kode berikut ini "copy /b x.jpg+y.rar x.jpg"

Kode huruf B yang ada pada perintah di atas adalah fungsi untuk membuat file Binary. Sedangkan untuk x.jpg adalah file gambar yang akan menyimpan file penting y.rar tersebut.


6. Nah, kini file penting tadi sudah masuk ke dalam file gambar yang sudah disiapkan.


Cara mudah kan? Kini semua file-file penting Anda bisa Anda sembunyikan ke dalam file gambar tersebut.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)