Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk dengan Cara Ini

3 Juni 2019 Tutorial Komputer


Dari dulu hingga sekarang, virus shortcut yang kerap muncul di flashdisk atau media penyimpanan lainnya masih menjadi momok para penggunanya. Sejatinya, shortcut ini hadir dikarenakan flashdisk Anda terinfeksi oleh virus yang didatangkan dari media lainnya (bisa jadi komputer itu sendiri). Dan bisa juga, komputer yang awalnya bersih dari virus, namun karena ditancapkan dengan flashdisk yang terkontaminasi oleh virus ini jadi ikutan terinfeksi.

Sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan virus ini (tergantung sejauh mana virus ini menyebar), Hanya saja, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan Scanning virus.

1. Masukkan flashdisk yang telah terkontaminasi virus shortcut flashdisk ini ke komputer atau laptop.
2. Setelah perangkat komputer mendeteksi keberadaan flashdisk ini, klik menu ‘organize’ pada bar komputer Anda.
3. Lalu, buka ‘folder and search options pada pilihan dari ‘organize’ tadi.
4. Hilangkah centang di bagian ‘show hidden files, folders, and drives dan ‘hide protected operating system files (Recommended).


Dalam kondisi ini, semua file pada flasdisk Anda akan terlihat, namun dalam keadaan semi-hidden semua. Jadi Anda harus melakukan tahap selanjutnya.

*. Buka perintah ‘CMD/ Command Prompt’ pada komputer Anda
*. Kemudian ketikkan nama flashdisk Anda, misalnya ‘H’, Anda harus mengetikkan H: pada ‘CMD’. *. Lalu, masukkan huruf berikut, ‘attrib -s -r h /s /d’ dan pastikan semua ejaan benar.
*. Kemudian tekan Enter.


Sekarang cek flashdisk Anda, Apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut Anda aneh dan tidak jelas. Sejatinya, cara diatas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut secara sementara. Jika flashdisk kembali dicolokan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut, bisa jadi hal serupa akan terjadi lagi.

Cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan Antivirus, Anda bisa melakukan Full Scan terhadap setiap Drive yang ada, termasuk Flashdisk.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)