Menghapus File Sampah di Windows Laptop / PC Tanpa Aplikasi

7 Oktober 2015 Tutorial Komputer


Penyebab utama yang membuat hardisk laptop atau komputer Anda cepat habis adalah menumpuknya file-file sampah. File-file ini akan tersimpan secara otomatis ketika kita mengerjakan sesuatu di komputer kita. Anda menggunakan komputer Anda untuk melakukan pekerjaan seperti membuat dokumen, mendengarkan musik, menonton video, surfing web dan lain sebagainya. File sampah akan tercipta hari demi hari dalam sistem komputer.

Cara cepat menghapus file sampah windows tersebut pada umumnya ada 2 cara yaitu manul/tanpa bantuan tool dan menggunakan software contohnya ccleaner.Kali ini kesekolah.com menggunakan cara manual atau tanpa aplikasi. Cara ini sudah tersedia dalam sistem operasi windows secara default, jadi sudah bisa dipastikan aman dan akan membantu kinerja laptop Anda menjadi lebih cepat.

Berikut ini beberapa cara menghapus file sampah di windows:
1. Menghapus Pada Folder Recycle Bin

Sudah sangat familiar bagi para pengguna komputer untuk langkah awal membersihkan windows dari sampah yaitu menghapus semua isi folder Recycle Bin. Setiap file yang dihapus/delete pada perangkat Anda akan singgah terlebih dahulu ke folder Recycle Bin, kecuali Anda menghapusnya secara permanent. Untuk mengaksesnya Anda hanya perlu mencari dan buka folder Recycle Bin seperti gambar di bawah. Setelah terbuka dan terlihat file-file sampah di sana klik kanan pada area kosong pilih "Empety Recycle Bin".

2. Menghapus File Sementara / Temporary
File Temporary ini berasal dari file sementara yang disimpan windows ketika seorang user melakukan aktivitas instal software, edit video, gambar, update software, instal plugin, dsb. Nah, lama-kelamaan file ini akan menumpuk jika tidak dihapus dan mengakibatkan banyaknya ruang hardisk yang dipakai dan membuat system windows menjadi melambat. Untuk menghapusnya Anda hanya perlu tekan keyboard < Windows/Menu + R > lalu ketikkan %temp% . Maka akan terbuka folder temporary tersebut.


3. Menghapus File Prefetch
File Prefetch ini sebenarnya file yang berasal dari fetch sebuah software yang sering kita akses di komputer. File ini sifatnya juga seperti file temporary. Jadi untuk menghapusnya langkahnya sama dengan menghapus file temporary, bedanya Anda hanya ganti pengetikkan dari %temp% dengan ketikkan Prefetch lalu Ok. Setelah terbuka silahkan hapus semua file yang ada di sana.


*. Jika seandainya file yang dihapus pada langkah 2 dan 3 tidak hilang secara permanen silahkan cek kembali pada langkah pertama dan bersihkan semua isinya.

Semoga bermanfaat buat Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)