Mengetik Tanpa Keyboard di Komputer? Ini Caranya

21 Februari 2018 Tutorial Komputer


Keyboard merupakan alat output terpenting pada komputer. Tanpa adanya keyboard kita tidak bisa melakukan hal penting seperti mengetik, bermain game dan banyak hal lainnya. Lalu jika keyboard kita rusak apa yang harus kita lakukan selain mengganti dengan keyboard baru?

Ada sebuah program yang dapat kita gunakan untuk menggantikan fungsi keyboard. Program tersebut bernama On-Screen Keyboard. Program ini memiliki tampilan yang sama persis seperti keyboard. Untuk menggunakannya kita tinggal mengklik karakter yang ada di Program tersebut dengan menggunakan mouse kita. Anda tertarik untuk mencobanya?

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih menu Start lalu pilih All Programs
2. Pilih Accesories
3. Pilih Ease of Access
4. Pilih On-Screen Keyboard

Atau cara lebih cepatnya dengan melakukan pencarian "on-screen keyboard" pada start menu. Keyboard yang satu ini bisa Anda gunakan sementara menunggu perbaikan keyboard atau kesempatan untuk membeli keyboard baru. Memang cara penggunaannya kurang praktis karena bagian layar harus berbagi dengan tampilan keyboard ini dan mengetik menggunakan mouse tentu lebih lama. Tapi inilah solusi terbaik yang bisa Anda pilih. Semoga bisa membantu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)