Mengetik Cepat dengan Auto Correct di MS Word

7 Januari 2019 Tutorial Komputer


Auto correct adalah fasilitas yang sudah ada dalam ms word. Aplikasi ini berfungsi untuk memperbaiki kesalahan pengetikan yang terjadi dalam format bahasa Inggris, misalnya jika Anda mengetik teh maka word secara otomatis akan membetulkannya dengan mengganti kata teh tersebut dengan kata the. Untuk membantu pengetikan agar lebih cepat dari biasanya, maka maksimalkanlah fitur auto correct yang ada di ms word ini.Dengan auto correct ini Anda bisa membuat singkatan pada kata tertentu, sehingga secara otomatis ms word akan membetulkannya.

Berikut ini beberapa singkatan yang lazim dan biasanya banyak digunakan untuk membantu dalam mempercepat pengetikan, Anda tinggal menambahkannya lagi sesuai dengan keinginan Anda dan menurut kebutuhan Anda: yg (yang), dgn (dengan), jk (jika) , krn (karena) , n (dan) , a (atau), bgm (bagaimana), wlp (walaupun), shg (sehingga), tdk (tidak), ttp (tetapi), mrk (mereka), sj (saja), drpd (daripada), ttg (tentang) dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah untuk membuat singkatan di auto correct:
1. Klik Office Button -> Word Option.
2. Pilih Proofing -> AutoCorrect Option.

3. Masukkan satu persatu singkatan yang Anda inginkan lalu klik -> add. Jika semua singkatan telah selesai Anda masukkan semuanya barulah klik -> Ok.


Sampai disini Anda sudah siap untuk menggunakan singkatan-singkatan yang telah Anda buat, silahkan Anda mencobanya di lembar kerja ms word dengan cara mengetikkan singkatan tadi dan tekan spasi, pasi singkatan yang telah Anda buat di autocorrect tadi telah berfungsi.

Bila Anda ingin menambahkan singkatan-singkatan yang lain, Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti diatas. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)