Mengetahui Perbedaan Mode Sleep dan Mode Hibernate

14 November 2018 Tutorial Komputer


Kadang-kadang ada dimana saat Anda tidak berhasil mengerjakan semua tugas yang ada di laptop. Atau Anda pernah ketiduran saat mengerjakan tugas dan membiarkan laptop menyala. Atau bisa juga Anda malas membuka semua file sehingga membiarkan laptop tersebut menyala. Membiarkannya terjaga adalah salah satu cara agar Anda bisa mengerjakan tugas tersebut dengan cepat dan mudah. Pada akhirnya laptop Anda akan mati dengan sendirinya dengan mode Sleep. Mode ini menggunakan power yang lebih kecil dan Anda bisa mulai mengerjakan tugas ketika dihidupkan kembali.

Berikut perbedaan mode sleep dan mode hibernate di laptop:


Sleep

Mode sleep sebenarnya dibuat untuk menghemat baterai pada saat laptop sedang tidak digunakan oleh penggunanya. Mode sleep ini sangat membantu tetapi terkadang malah merepotkan, membantu karena dapat menghemat penggunaan listrik dan menyimpan aplikasi yang tadinya sedang dibuka sehingga tidak tertutup pada saat mode sleep, merepotkan apabila laptop sedang ditinggal secara sengaja karena sedang mendownload dan tiba-tiba masuk ke mode sleep secara otomatis download akan ter pause dan percuma juga kita meninggalkan laptop tersebut.

Cara kerja mode sleep yaitu menyimpan memory aplikasi yang sedang dibuka ke dalam RAM lalu mematikan hampir semua komponen komputer kecuali RAM dan beberapa komponen lainnya seperti lampu indikator sehingga mode ini sangat menghemat penggunaan listrik atau baterai. Pada saat menyalakan laptop dari mode sleep, kita akan melihat aplikasi yang masih terbuka.

Hibernate

Mode hibernate hampir sama seperti mode sleep yaitu saat kita memilih mode hibernate maka data aplikasi yang sedang terbuka akan tersimpan. Tetapi perbedaannya bisa dilihat dari media penyimpanan yang digunakan oleh mode hibernate dan mode sleep. Jika mode sleep menggunakan RAM sebagai tempat penyimpanan data yang sedang dibuka, hibernate menggunakan harddisk sebagai tempat penyimpanan data yang sedang dibuka.

Cara kerjanya hibernate yaitu menuliskan semua memory yang ada di RAM ke harddisk, sehingga RAM akan kosong dan komputer dimatikan secara otomatis dengan cara di-shutdown.
Ada juga perbedaan lainnya yaitu mode hibernate lebih hemat listrik (bahkan tidak menggunakan listrik sama sekali) daripada mode sleep karena mode hibernate akan mematikan semua hardware layaknya shutdown tetapi tetap menyimpan data RAM di harddisk.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)