Mengetahui Penyebab Not Responding pada Komputer/Laptop

28 Agustus 2019 Tutorial Komputer


Komputer atau laptop merupakan sebuah benda yang dapat mengurangi beban pekerjaan manusia. Namun, terkadang laptop atau komputer ini juga dapat mengalami masalah salah satu masalahnya yaitu ngehang atau not responding. Tapi kalau sekali atau beberapa kali terjadi not responding masih wajarlah. Namun, kalau berulang-ulang kali dalam satu jam bahkan sering. Nah, ini yang harus di pertanyakan. Kasus not responding ini bisa terjadi akibat hardware dan software komputer yang mengalami masalah maupun sudah rusak. Selain hardware dan software ada juga penyebab lain.

Berikut penyebab not responding pada Komputer/Laptop.
1. Shortcut aplikasi pada desktop yang terlalu banyak

Shortcut aplikasi pada desktop yang terlalu banyak ini juga dapat menyebabkan terjadinya not responding pada komputer/laptop. Apalagi kalau shortcut tersebut tidak pernah di gunakan. Jadi, sebaiknya hilangkan saja shortcut yang di anggap tidak penting.

2. Memasang pernak penik yang tidak dibutuhkan
Memasang pernak pernik yang di anggap dapat mempercantik tampilan dekstop komputer atau laptop juga dapat menyebabkan not responding. Karena jika Anda memasang tampilan yang berelebihan, maka yang akan berkerja keras adala RAM. Jika RAM yang digunakan tidak sepadan dengan pernak pernik tersebut maka akan memperlambat kinerja komputer dan membuat not responding. Pernak pernik tersebut seperti widget jam, skin pack dan yang lainnya yang di anggap kurang bermanfaat. Namun, digunakan untuk tujuan menghias saja.

3. Hardisk yang rusak
Hardisk yang rusak juga dapat membuat komputer/laptop sering mengalami not responding. Karena kinerja hardisk yang rusak akan berkurang bahkan tidak dapat berfungsi sehingga proses meload hardisk pun akan berlangsung sangat lama. Biasanya hardisk yang rusak ini disebabkan karena sering install ulang os, install software yang berlebihan dan tidak diperlukan, hardisk terbentur dan banyak penyebab yang lain lagi yang memnyebabkan hardisk menjadi rusak.

4. Aplikasi yang terlalu banyak
Dengan banyaknya aplikasi yang terinstall pada komputer atau laptop Anda, dapat menyebabkan kinerja komputer atau laptop menjadi lebih lambat dan berat saat ingin menjalankan sebuah aplikasi. Jadi, sebaiknya uninstall saja beberapa aplikasi yang di anggap tidak penting.

5. Sistem operasi rusak
Salah satu penyebab terjadinya not responding ini adalah sistem operasi yang rusak. Rusaknya sistem operasi ini bisa disebabkan oleh virus. Untuk menghilangkah virus tersebut bisa di scan dengan antivirus yang terbaik dan terupdate. Namun, jika tidak berhasil cara terakhir yang paling ampuh adalah dengan melakukan install ulang. Tapi disarankan jangan sering melakukan install ulang karena install ulang juga tidak baik bagi hardisk komputer/laptop.

Jadi, disarankan jangan memasang aplikasi atau tampilan yang terlalu banyak, karena justru akan mengakibatkan komputer Anda menjadi lambat dan not responding.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)