Mengetahui Pentingnya Proses Shutdown Komputer

12 November 2018 Tutorial Komputer


Komputer merupakan perangkat pintar yang sudah dirancang sedemikian rupa. Komponen-komponen yang ada di dalamnya berjalan sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat. Ada aturan dimana kita harus melakukan proses shutdown ketika hendak mematikan komputer. Proses shutdown ini berarti mematikan komputer dengan cara menekan tombol shutdown yang ada pada start menu, dalam artian tidak dianjurkan untuk mematikan komputer dengan menekan tombol power atau mencabut listrik secara langsung.

Kita mungkin sering dihadapkan dengan kondisi dimana kita dituntut untuk mematikan komputer dengan cepat, sehingga kita lebih memilih untuk mematikan dengan memutuskan aliran listriknya karena dengan melakukan proses shutdown membutuhkan waktu sedikit agak lama. Namun apa yang terjadi apabila kita sering melakukannya?

Berikut efek buruk yang akan terjadi apabila sering mematikan komputer tanpa proses shutdown:
1. Kerusakan pada komponen komputer

Disaat komputer dalam proses shutdown, saat itu processor yang otak komputer memberikan perintah kepada Bios untuk menghentikan dan mematikan seluruh aktivitas komponen-komponennya, sehingga komponen peralatan tersebut mati secara normal. Namun yang terjadi ketika komputer langsung dimatikan dengan mencabut aliran listriknya si komponen-komponen komputer pun akan mati secara mendadak sehingga apabila hal tersebut sering terjadi akan merusak komponen komputer tersebut.

2. Kerusakan pada Processor
Ketika proses shutdown dijalankan kipas komputer akan bekerja dua kali lebih cepat dengan tujuan untuk proses pendinginan processor. Yang terjadi ketika komputer dimatikan secara paksa kipas tidak berfungsi sebagimana mestinya, efeknya proses pendinginan processor kurang optimal. Apabila itu sering terjadi maka besar kemungkinan processor komputer kita akan mengalami kerusakan.

3. Kerusakan Pada Memory
Mungkin kita sering mendapati komputer saat dinyalakan banyak program yang terbuka, ini karena sebelumnya komputer dimatikan secara mendadak tanpa melalui proses shutdown. Program yang masih terbuka tersebut diakibatkan karena memory masih menyimpan data-data yang sedang berjalan sebelumnya. Apabila ini sering terjadi, maka memory akan cepat rusak karena seringnya memory berjalan saat masih dalam keadaan tidak fress.

4. Kerusakan Pada Hardisk
Pada saat proses shutdown harddisk bekerja untuk menyimpan data yang diperintahkan processor serta menyalin data komponen serta software ke dalam registry komputer, kemudian head harddisk akan kembali ke posisi awal. Jika kita mematikan komputer dengan paksa maka saat itu data-data tidak tersimpan pada registry. Yang paling fatal adalah posisi head harddisk tidak kembali ke posisi awal, akibatnya dapat merusak silinder harddisk yang menyebabkan terjadinya bad sector juga kemungkinan MBR harddisk akan rusak juga.

Itulah efek buruk yang kemungkinan akan terjadi jika kita mematikan komputer tanpa melakukan proses shutdown.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)