Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Deep Freeze

16 Agustus 2019 Tutorial Komputer


Deep Freeze merupakan sebuah software yang berfungsi untuk melindungi komputer dari virus karena pada awal komputer diserang virus maka Deep Freeze akan langsung beroperasi untuk melawan virus tersebut sehingga sebelum menyebar virus sudah di basmi oleh Deep Freeze. Deep Freeze ini sangat bermanfaat dan memiliki banyak kelebihan. Namun, selain memiliki kelebihan Deep Freeze juga memiliki kekurangan.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan dari Deep Freeze:
1. Kelebihan Deep Freeze


a. Mampu mencegah penyebaran virus yang mulai menginfeksi sistem pada komputer karena pada saat awal virus sudah menginfeksi sistem maka komputer akan langsung restart dan kembali lagi ke tahap awal.
b. Sangat cocok untuk komputer yang digunakan secara bersama-sama seperti komputer sekolah dan warnet, karena Deep Freeze dapat menjaga sistem pada komputer
c. Jika Anda tidak sengaja mengubah pengaturan pada komputer, maka pengaturan tersebut akan kembali seperti semula ketika komputer di restart ayau shutdown
d. Menghemat waktu dan biaya Anda dalam maintenance komputer

2. Kekurangan Deep Freeze

a. Jika Anda menyimpan dokumen dan menginstall software pada saat Deep Freze masih aktif maka dokumen dan software tersebut tidak akan tersimpan dan ketika komputer dimatikan dan direstart maka file tersebut akan hilang.
b. Selama Deep Freeze masih aktif maka pengaturan file recovery tidak akan aktif.
c. Dapat menyebabkan komputer menjadi lambat ketika sudah menggunakan Deep Freeze terlalu lama.

Semoga ini dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menginstall Deep Freeze.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)