Mengetahui Fungsi di Balik Tombol Keyboard F1-F12

31 Januari 2017 Tutorial Komputer


Beberapa dari tombol keyboard F1 sampai F12 mungkin sering Anda gunakan saat menggunakan komputer untuk mempermudah pekerjaan Anda. Karena, memang beberapa tombol tersebut bisa berfungsi sebagai shortcut, tanpa harus menggunakan klik kiri-kanan pada mouse. Nah, berikut ini fungsi-fungsi dari tombol tersebut.

F1- Help Screen

Fungsi tombol F1 pada keyboard umumnya untuk menampilkan layar Help atau bantuan pada sistem operasi Windows, atau pun sistem operasi lainnya. Selain pada sistem operasi, tombol F1 ini juga bisa menampilkan tombol bantuan pada setiap hampir setiap program yang dijalankan, seperti Office.

F2 - Rename

Anda mungkin masih membuang waktu dengan mengklik kanan pada setiap file lalu menggerakkan mouse ke opsi Rename. Nah, di tombol keyboard F2 ini bisa mempermudah Anda untuk merename sebuah file. Cukup dengan menyeleksi file tersebut, dan tekan F2, lalu Anda ketikkan nama baru untuk file tersebut.

F3 - Search

Jika pada program tombol untuk mencari ini adalah CTRL + F, namun pada sistem operasi seperti Windows, maka untuk mencari file atau pun program lainnya, maka Anda cukup menekan tombol F3, lalu ketikkan nama file tersebut.

F4 - Close Window

Tombol F4 pada keyboard ini bisa digunakan jika dikombinasikan dengan tombol Alt + F4 pada keyboard. Fungsi utamanya itu adalah untuk menutup jendela, bahkan bisa juga untuk mematikan (Shutdown atau Restart) komputer.

F5 - Refresh/ Reload

Melakukan refresh pada komputer mungkin Anda masih menggunakan klik kanan dan memilih opsi Refresh. Sebenarnya pada tombol F5 keyboard untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows telah memberikan kita kemudahan untuk refresh. Tombol F5 ini tidak hanya bisa digunakan untuk refresh sistem operasi Windows, tapi bisa juga untuk mereload ulang halaman website.

F6 - Address Bar

Untuk menuliskan halaman url website pada browser biasanya kita harus mengklik pada address bar-nya. Nah, dengan cukup menekan tombol keyboard F6, maka Anda bisa langsung berada pada kolom penulisan url tersebut. Dan, ini berlaku untuk semua jenis browser.

F7 - Spell and grammar check

Fungsi tombol F7 ini lebih banyak digunakan untuk Anda yang berprofesi sebagai tukang ketik atau penulis, dalam mengoreksi tulisan yang error grammar atau spell di Microsoft Word. Dan ini biasanya lebih baik digunakan untuk penulisan dalam bahasa Inggris.

F8 - Boot

Tombol F8 ini umumnya digunakan untuk mengakases halaman boot (BIOS), yang biasa digunakan para teknisi komputer untuk mengecek hardware atau merubah posisi booting. Tapi, untuk Anda yang menggunakan Microsoft Office, maka tombol F8 pada keyboard ini digunakan untuk mempermudah proses seleksi.

F9 - Refresh

Refresh pada sistem operasi atau pada halaman browser telah dijelaskan dengan menggunakan tombol F5. Nah, untuk Microsoft Word juga memiliki fitur Refresh yang bisa digunakan dengan menekan tombol F9.

F10 - Menu bar

Untuk pengguna Windows 7 ke atas, tombol atau menu File di menu bar pasti sudah tidak terlihat. Untuk bisa mengakses menu tersebut, maka Anda cukup menekan tombol F10 saja. Selain itu, fungsi dari tombol F10 ini bisa untuk klik kanan juga.

F11 - Fullscreen

Tombol yang satu ini termasuk tombol umum yang digunakan jika Anda ingin memperbesar atau mengubah layar program komputer menjadi tampilan full pada monitor Anda.

F12 - Save as

Untuk tombol F12 pada keyboard lebih banyak digunakan oleh para pengguna Microsoft Office Word untuk melakukan Save As (memilih tipe file).

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)