Mengetahui Fungsi dan Jenis-Jenis Mouse Komputer

15 Oktober 2016 Tutorial Komputer


Mouse merupakan perangkat keras komputer yang tidak kalah penting keberadaanya. Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk menggerakkan pointer atau di sebut juga kursor di dalam komputer. Nah, mouse inilah yang selalu dipegang untuk mengarahkan pointer kemanapun kita mau pada saat menggunakan komputer. Mouse sendiri tidak hanya berfungsi untuk mengarahkan pointer atau kursor, fungsi penting lainnya dari mouse adalah untuk melakukan klik, double klik dan scrool yang lebih biasa kita panggil dengan penggulung.

Secara fisik mouse mempunyai 2 jenis yang biasa digunakan, perbedaan kedua jenis mouse ini dapat dilihat dari bentuk fisiknya yang berbeda satu sama lain.
1. Mouse Optic
Nah, dari namanya sudah bisa Anda tebak? Mouse jenis optic menggunakan teknologi optic untuk menggerakkan pointer yang di letakkan di bagian bawah mouse.


2. Track Ball
Jenis mouse trackball dapat dengan mudah dikenali yaitu dengan melihat adanya bola kecil yang di gunakan untuk menggerakkan pointer.


Berikut ini beberapa jenis mouse yang dapat di bedakan berdasarkan portnya:
1. Mouse Serial

Mouse Serial banyak digunakan pada era komputer zaman dulu, yaitu pada era Pentium 1 ataupun Pentium 3 yang berjenis AT. Dari bentuknya, mouse ini berbentuk port serial yang memiliki beberapa pin pada ujung portnya.


2. Mouse PS2
Mouse PS2 hingga saat ini masih tetap digunakan walaupun penggunanya terbilang tinggal sedikit saja berhubung telah banyaknya mouse dengan tipe dan teknologi yang lebih baru. Dari segi bentuk, Mouse PS2 mempunyai ciri khas berwarna hijau pada bagian ujung kabelnya, warna inilah yang digunakan untuk membedakan antara mouse dan keyboard yang biasanya menggunakan warna biru ataupun ungu.


3. Mouse USB
Hingga saat ini Mouse jenis USB masih yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, karena Mouse USB sangat kompatibel untuk komputer zaman sekarang. Dilihat dari bentuknya, Mouse USB mempunyai ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya. Penggunaannya sangat mudah, Anda tinggal colokkan atau plug ke port usb komputer Anda, dan mouse pun siap untuk digunakan.


4. Mouse Wireless
Teknologi terbaru dari mouse adalah di buatnya mouse dengan fitur wireless. Dengan adanya wireless maka penggunaan kabel pun berhasil dihilangkan, dan mouse bisa di gunakan dari jarak yang cukup berjauhan dengan komputer. Penggunaan mouse wireless sangat mudah, Anda tinggal colokkan wireless device ke port usb dan mouse Andapun akan otomatis mendeteksi sinyal wireless tersebut.


Dari segi harga, tentu saja mouse wireless lebih mahal dari mouse yang lain di atas, dan kekurangan lainnya dari penggunaan mouse jenis ini adalah adanya baterai yang di letakkan pada mouse sehingga Anda akan menggantinya secara berkala jika baterai sudah dalam keadaan lemah atau low.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)