Mengetahui Arti Bunyi Beep pada Bios

11 Maret 2019 Tutorial Komputer


Saat kita menyalakan PC pertama kali, chip BIOS akan melakukan checking terhadap seluruh hardware sebelum booting dilanjutkan untuk menjalankan operating system. Jika terdapat error atau kerusakan salah satu hardware, maka BIOS akan membunyikan kode beep (BIOS beep). Kode ini dihasilkan dari sebuah speaker kecil atau buzzer yang menancap di salah satu soket pada motherboard. Kode berupa bunyi beep ini sebenarnya memiliki arti tertentu seperti kode morse. Banyak pengguna komputer awam tidak mengerti maksud kode ini.

Berikut arti bunyi beep pada Bios:
1. Ambios

American Megatrends Inc merupakan salah satu pembuat software BIOS teratas di dunia. BIOS dari AMIBIOS hanya akan berbunyi jika ada masalah:

*. 1 s/d 3 beep, berkaitan dengan memory yang perlu dipasang ulang atau dicoba dengan memory yang lain.
*. 4 beep, berkaitan erat dengan motherboard. Coba dipasang ulang semua card tambahan (sound card, modem, tv tuner, dll. kecuali VIDEO CARD.)
*. 5 beep, berkaitan erat dengan processor atau card tambahan. Coba dipasang ulang semua card tambahan, kalau bunyi beep masih juga ada baru telusuri processornya.
*. 6 beep, berkaitan dengan motherboard. Coba dipasang ulang semua card tambahan yang ada, dengan melepas satu persatu dan dipasang kembali. Jika bunyi beep masih ada juga, kemungkinanya Anda harus beli mainboard yang baru.
*. 7 beep, Ini adalah bunyi yang berkaitan dengan error secara umum. Telusuri satu persatu mulai dari card tambahan, processor, baru kemudian motherboard.
*. 8 beep, berkaitan dengan Video Card. Coba dipasang ulang atau dicoba dengan video card yang lain.
*. 9 beep, berhubungan dengan AMIBIOS ROM checksum error. Coba lakukan seperti bunyi 7 beep.
*. 10 beep, berkaitan dengan CMOS read/write error. Solusinya seperti bunyi 7 beep.
*. 11 beep, berhubungan dengan kegagalan cache memory. Solusinya sama seperti bunyi 7 beep.
*. 1 beep panjang, 2 beep pendek, berkaitan dengan kegagalan system video card. Solusinya sama seperti bunyi 8 beep.
Masih banyak bunyi beep yang lain lagi dari merk AMIBIOS ini, ini hanya sebagian kecil saja.

2. Awardbios
Awalnya AWARDBIOS adalah sebuah merk BIOS yang dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama Award, tapi kini Award telah diambil alih oleh Phoenix Technologies. Berbeda dengan AMIBIOS, jika Anda mendengar bunyi beep 1 kali pendek itu artinya sistem dalam keadaan baik-baik saja.

*. 1 panjang, 2 pendek: gangguan pada video card. Coba pasang ulang atau ganti dengan video card lain.
*. 1 panjang, 3 pendek: video card tidak terdeteksi atau memory video cardnya error.
*. 1 beep panjang bernada tinggi atau beep pendek yang berulang-ulang: Masalah pada processor, bisa jadi juga processor kepanasan, pemasangan tidak benar atau bahkan rusak atau eror.

Beep lain selain yang sudah disebutkan di atas: ada error di memory.

3. Phoenix-BIOS
*. 1x-1x-4x: BIOS rusak.
*. 1x-2x-1x: Motherboard rusak.
*. 1x-3x-1x: Masalah RAM, modul tidak terpasang dengan baik.
*. 3x-1x-1x: Motherboard rusak.

Itulah cara mengetahui arti bunyi beep pada bios yang mungkin salah bunyi beep di atas pernah terjadi pada komputer Anda, jadi jangan tunggu lama segera cari solusinya, semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)