Mengetahui 4 Tanda SSD Komputer Akan Rusak

6 Juli 2016 Tutorial Komputer


Laptop baru saat ini rata-rata sudah banyak yang menggunakan SSD dibandingkan dengan HDD. Mengapa hal ini terjadi? Banyak keunggulan SSD dibandingkan dengan HDD, seperti misalnya SSD lebih cepat, lebih stabil, menggunakan power yang lebih kecil, membuat desain laptop lebih tipis dan ramping. Harganya pun 10 kali lipat lebih mahal dari hardisk dengan kapasitas yang sama. Di balik kehebatannya dalam hal kecepatan ini tentunya ada beberapa yang menjadi masalah saat Anda menggunakan SSD.

Berikut 4 tanda-tanda masalah yang muncul jika SSD Anda akan rusak:
1. Bad Block

Bad block adalah istilah baru dalam dunia komputer, di mana ini hanya ditujukan khusus untuk perangat media penyimpanan SSD saja. Ini sama dengan bad sector pada hardisk yang sudah lebih dulu kita kenal. Bad block pada SSD adalah sebuah kondisi di mana saat Anda mencoba menyimpan file di dalam SSD tapi ternyata butuh waktu lama dalam prosesnya, dan bahkan gagal, sehingga ada notifikasi error. Padahal seperti yang diketahui bahwa SSD ini adalah media penyimpanan yang akan mempercepat proses komputer untuk read dan write file. Jika, memang hal tersebut terjadi pada SSD Anda, silahkan Anda gunakan program yang bernama Hard Tune Pro atau Hard Disk Sentinel untuk melakukan pengecekan dan perbaikan bad block tersebut. Pastikan Anda memiliki media penyimpanan lainnya sebagai backup, jika sewaktu-waktu ada masalah saat proses perbaikan tersebut.

2. Tidak Bisa Di-Read atau Di-Write
Tanda kedua ini masih ada hubungannya dengan bad block atau lebih spesifik sebagai tanda kalau SSD Anda mengalami bad block. Sistem komputer Anda tidak akan bisa melakukan write ataupun read data di dalam SSD. Gejala paling ringan adalah hanya bisa read data/file saja tapi tidak bisa diedit(write), atau menambahkan file baru.

3. Notifikasi repair
Notifikasi error dari sistem operasi yang minta Recovery untuk repair mungkin saja pernah Anda alami. Hal ini jangan Anda anggap enteng, karena ini bisa termasuk dalam tanda-tanda SSD Anda sudah mulai tidak stabil atau akan rusak. Hal tersebut biasanya terjadi saat Anda tidak mematikan komputer dengan baik. Untuk mengatasi notifikasi error Recovery ini memang cukup mudah, Anda hanya memasukkan saja CD/DVD dari sistem operasi yang Anda gunakan dan lakukan langkah-langkah recovery. Tapi, tentunya data Anda yang tersimpan di dalam bisa hilang dalam proses ini. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan SSD ini sebagai tempat penyimpanan file sistem dan juga program yang terinstal saja. Sedangkan untuk data-data sebaiknya Anda gunakan media lain seperti hardisk.

4. Program dan sistem sering crash
Tanda terakhir ini bisa saja terjadi saat komputer Anda pertama kali booting, atau saat Anda sedangkan menjalankan program dan muncul notifikasi crash. Nah, ini termasuk dalam kondisi dari tanda-tanda SSD Anda sudah mulai rusak atau bad block.

Itulah tanda-tanda yang bisa Anda ketahui saat SSD akan mulai rusak. Untuk itu, sebaiknya Anda menyiapkan media penyimpanan opsional untuk data-data penting Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)