Mengenal Seluk Beluk CMS Wordpress

6 Juli 2014 Tutorial Komputer   |    Tina Yuliani Ayuningsih


Jika pada bahasan yang lalu, kita telah mengetahui tentang beragam cara membuat website, pada bahasan kali ini kita akan mengupas tentang salah satu CMS yang digunakan untuk membuat website, yakni Wordpress.

Sebenarnya, ada dua versi wordpress. Yang pertama yakni wordpress versi instan yang bisa diakses di http://wordpress.com. Wordpress jenis ini memiliki keterbatasan dalam hal fitur, tema tampilan, maupun plugin. Wordpres instan biasanya digunakan untuk membuat blog dan benar-benar gratis.

Yang kedua yakni wordpress self hosted atau wordpress instal. Wordpress ini dapat didownload di http://wordpress.org. Dengan menggunakan wordpress jenis ini, Anda dapat memilih tema tampilan dan plugin yang diinginkan sehingga akan memperkaya fitur dan tampilan web Anda. Untuk dapat menggunakan wordpress jenis ini, kita biasanya harus memiliki domain dan hosting yang tentunya tidak gratis alias berbayar. Selain itu, beberapa tema tampilan dan plugin yang dimiliki wordpress jenis ini juga ada yang gratis namun ada juga yang berbayar.

CMS Wordpress instal ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya:

1. Memiliki pilihan tema tampilan / themes yang bervariasi bahkan bisa diutak-atik sendiri
2. Memiliki banyak pilihan plugin
3. Memiliki struktur permalinks yang Google Friendly
4. Dapat membuat page dan post dengan sangat mudah
5. Memiliki sistem tagging yang bermanfaat dalam hal SEO
6. Memiliki fasilitas anti spam
7. Memiliki banyak pilihan dan hak akses user
8. Mudah digunakan

Nah, bagaimana? Banyak sekali bukan keunggulan wordpress instal ini? Mulai dari web bisnis hingga ke toko online dapat dibuat menggunakan wordpress jenis ini. Contoh web bisnis yang saya buat menggunakan wordpress: http://www.sonokelingwood.com . Contoh toko online yang saya buat menggunakan wordpress: http://miciclothes.com

Simak artikel saya selanjutnya ya!

(Penulis adalah seorang entrepreneur, web developer, dan pengajar di LKP Kembar)
Web:
http://www.rumahpintar-kembar.com