Mengenal Perangkat Lunak Komputer dan Jenis-Jenisnya

14 April 2014 Tutorial Komputer


Bagi pengguna komputer atau berbagai gadget, pernahkah terpikir bagaimana mereka bisa bekerja dengan canggihnya, sehingga fungsinya kita rasakan sampai saat ini?? Bisa diibaratkan, komputer sebenarnya merupakan mesin canggih yang mampu melakukan berbagai tugas-tugas dengan kumpulan instruksi yang di kenal. Instruksi inilah yang membuat seseorang dapat memerintahkan komputer, nah kumpulan instruksi inilah yang biasa disebut dengan perangkat lunak atau software.

Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi-instruksi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dan kemudian, komputer akan melakukan tugas tertentu atas perintah tesebut. Tanpa software, komputer menjadi barang yang sia-sia. Sebagai contoh, tanpa software browser internet pada komputer, pengguna tidak akan mampu untuk menjelajah internet atau membaca halaman tersebut dan komputer tanpa sistem operasi, perangkat lunak browser tersebut tidak akan dapat dijalankan.

Saat ini ada berbagai jenis perangkat lunak komputer yang beredar luas dipasaran. Berikut ini adalah klasifikasi jenisnya:
1.Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak ini juga disebut sebagai aplikasi atau "app". Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pekerjaan dengan komputer seperti, software untuk membuat tutorial. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi adalah Microsoft Office, Winamp , Microsoft Excel , Adobe Reader, Photoshop dan masih banyak lagi. Pengguna komputer, biasanya paling sering menggunakan jenis peangkat lunak, aplikasi ini.

2.Perangkat lunak bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman komputer adalah bahasa buatan yang terdiri dari sintaks dan kata kunci yang telah ditetapkan. Bahasa pemrograman, termasuk bahasa C + + , Java , Cobol dan C. Bahasa-bahasa inilah yang digunakan untuk menulis sebagian besar perangkat lunak aplikasi dan melakukan pengontrolan terhadap perilaku perangkat lunak aplikasi atau komputer itu sendiri.

3.Perangkat lunak sistem operasi
Jenis perangkat lunak komputer ini, terdiri dari sistem operasi seperti Microsoft Windows , Mac OSX , Linux , dan sistem operasi android yang dikembangkan untuk smarphone. Sistem operasi inilah, yang membantu perangkat keras komputer untuk mengoperasikan dan terhubung dengan perangkat lunak aplikasi.

4.Perangkat lunak middleware
Jenis software ini, terdiri dari layanan yang berinteraksi dengan perangkat lunak aplikasi atau perangkat lunak jenis lain pada komputer, contohnya adalah webserver dan server aplikasi. Perangkat lunak ini, benar-benar beroperasi antara perangkat lunak aplikasi dan sistem operasi. Beberapa contoh webserver adalah Apache HTTP Server, Microsoft Internet Information Services (IIS), dan Sun Java System Web Server. Sedangkan aplikasi server seperti, search engine yaitu Google, Bing, Yahoo dan sebagainya.

5.Perangkat lunak device driver
Jenis perangkat lunak komputer ini berguna untuk mengontrol hard disk, printer, DVD / CD drive, monitor komputer atau keseluruhan perangkat keras terhadap komputer. Device driver biasanya dapat didownload gratis secara online. Perangkat lunak ini akan memastikan bahwa perangkat keras, akan berfungsi dengan baik pada komputer.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)