Mengenal Komponen-Komponen Komputer

22 Juli 2014 Tutorial Komputer


Komponen utama komputer merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah sistem komputer, karena dalam sebuah sistem komputer jika satu saja dari komponen utama tersebut tidak ada, maka sistem komputer pun tidak akan berjalan atau tidak befungsi sebagaimana yang diharapkan. Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang terdiri dari motherboard, harddisk, prosessor, RAM,VGA Card, power supply, mouse, keyboard dan peralatan lain untuk menunjang kerja komputer.

Berikut komponen-komponen pada komputer.
1. Power Supply

Power Supply merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC dan berfungsi pula sebagai pensuplai tegangan ke perangkat/komponen yang memerlukan sumber daya.

2. Prosessor
Prosessor adalah otak dari komputer yang berperan sangat vital pada komputer dan prosessor sebagai pengendali proses kerja komputer.

3. Motherboard
Motherboard adalah perangkat terpenting dalam komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat memasang peralatan seperti prosessor, RAM dan peralatan lain. Motherboard merupakan sirkuit utama tempat bersatunya semua peralatan pendukung komputer.

4. RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.

5. VGA Card
VGA Card adalah perlatan yang berfungsi unutk menghubungkan peralatan pemroses grafis keperalatan output yang berupa monitor. Komponen ini juga sangat penting karena akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan ke monitor.

6. Keyboard
Keyboard adalah peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan huruf maupun symbol

7. Mouse
Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

8. Casing
Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)