Mengecek Kecepatan Ram di Laptop/PC Menggunakan CMD

28 Oktober 2015 Tutorial Komputer


RAM (Random Access Memory) adalah salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mendukung pelayanan bagi processor dalam melakukan perhitungan (komputing). Sebenarnya memory Anda sudah cukup besar akan tetapi komputer masih tetap lambat, salah satu penyebab komputer menjadi lambat / lemot adalah banyak program aplikasi yang besar di install dalam Laptop / PC Anda.

Sekarang coba Anda lihat memory di laptop / PC Anda, jika sudah, silahkan Anda mengecek kecepatan RAM menggunakan CMD. Untuk melihat kecepatan memory di komputer menggunakan CMD dapat Anda lakukan seperti ini.

Pertama yang harus dilakukan sebelum cek kecepatan RAM di windows 7 yaitu mematikan fitur User Accaunt Control (UAC) di Control Panel. Karena CMD mengakses control di dalam sistem operasi sebuah windows.

Buka Start -> Control Panel -> User Account


Kemudian Pilih Change User Account Settings


Kemudian nonaktifkan fitur UAC windows 7 dengan menarik scroll sampai Never notify dan pilih OK


Kemudian Buka Start -> RUN ketikan CMD akan muncul seperti gambar di bawah ini. Silahkan Anda Ketikan winsat mem


Dari hasil cek kecepatan memory komputer melalui cmd dapat Anda lihat kecepatan RAM adalah 8335-23 MB/s artinya kecepatan memory 8-23 Mb per detik, Jika semakin besar kecepatan RAM per detiknya kinerja yang di hasilkan akan semakin baik juga, kecepatan memory juga tergantung pada besar memory yang ada pada kompuer Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagi sumber)