Mengatasi Penyebab dan Solusi Mozilla Hang

28 November 2014 Tutorial Komputer


Firefox merupakan salah satu browser sejuta umat yang merupakan pesaing ketat browser besutan google, chrome. Firefox walaupun sangat diminati tapi tidak lepas dari masalah. Masalah yang sering diderita oleh user pengguna firefox yang sangat mengganggu kenyamanan dalam berinternet ria adalah masalah crash, not responding, hang. Nah, kali kesekolah.com akan membahas permasalahan yang dapat menyebabkan browser mozilla crash dan solusi mengatasinya.

1. Plugin / Addons Bermasalah
Mozilla sering hang dan not responding bisa jadi letak masalahnya pada addons dan plugins yang terinstal bermasalah sehingga mengganggu operasi dan kinerja browser mozilla itu sendiri yang ujung-ujungnya menyebabkan browser crash.
Solusi: Cek addon mozilla dan sebisa mungkin update dengan versi terbaru. Dan sebisa mungkin hapus saja addon/plugin yang dirasa tidak terlalu diperlukan.

2. Konflik Antar Software
Konflik atau bentrok fungsi antar software yang terinstal di PC juga dapat membuat lemah kinerja browser mozilla sehingga dapat terjadi crash dan not responding.
Solusi: Cari program yang konflik dan sering membuat hang. Jika sudah dapat, hapus saja program tersebut jika dirasa tidak terlalu penting.

3. Operation System dan Driver Tidak Update
Driver yang sudah kadarluarsa bisa menjadi faktor mozilla firefox hang dan note responding.
Solusi: Update driver.

4. Software Antivirus dan Firewall bermasalah
Kemungkinan beberapa antivirus dan program firewall membatasi akses internet dan mengubah settingan browser guna memperkuat sistem keamanan. Tentu saja ini baik dari sisi keamanan tapi terkadang menyebalkan dari sisi kenyamanan berinternet.
Solusi: Konfigurasi kembali anti virus yang Anda pakai dan periksa daftar virus vaultsnya. Jika perlu, tambahkan firefox ke daftar whitelist program pada antivirus yang Anda gunakan sehingga antivirus tidak membatasi akses internet pada firefox.

5. Adobe Flash Player Bermasalah
Ini sering menjadi penyebab mengapa browser mozilla hang dan not responding dikarenakan flash player versi lama dan belum di update.
Solusi: Update adobe flash player dengan versi terbaru.

Semoga bermanfaat....

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)