Mengatasi Os Windows 10 yang Lambat

2 Maret 2016 Tutorial Komputer


Dibanding zaman XP kebawah, sekarang ini Microsoft sangat rajin untuk membuat versi terbaru sistem operasi Windows, seperti sudah mencapai versi Windows 10, bahkan tersedia untuk Smartphone. Pihak Microsoft membagikannya kepada para pengembang dan pengamat untuk dicoba, dikaji / diuji dan dinilai kualitasnya dalam versi beta-nya, hasilnya beberapa pengamat menilai baik fitur-fitur yang terdapat pada Windows 10. Akan tetapi kelebihan dari segi fitur belum terimbangi untuk kinerjanya yang dibilang lambat, dimana terdapat beberapa aspek dari Windows 10 yang dinilai berjalan lambat, sehingga perlu diperbaiki.

Lambatnya ini sangat terasa ketika pengguna melakukan navigasi di Start Menu dan juga di Action Center. Sehingga untuk mengatasi lambat pada Windows 10 ini, maka kita bisa melakukan disable pada fitur tersebut, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka PC Setting
2. Lalu pilih Personalization
3. Pilih Colors
4. Kemudian Anda pindahkan ke bagian kiri pada opsi "Make Start, taskbar, and action center transparent", tujuannya untuk mematikan fitur Transparan.
5. Klik OK, selesai

Kegunaannya agar fitur transparan pada Start Menu, Taskbar dan Action center menjadi hilang, metode ini dinilai ampuh agar membuat kecepatan Windows 10 menjadi lebih memuaskan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)