Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding

19 Desember 2014 Tutorial Komputer


Mozilla Firefox adalah web browser yang sangat populer dan banyak penggunanya di seluruh dunia. Apa yang dirasakan ketika sedang asyik browsing menggunakan Firefox dan tiba-tiba mengalami not responding? Atau bagaimana jika Firefox sama sekali tidak bisa dibuka karena terus saja not responding saat dijalankan? Bagi Anda yang mengalami hal ini, berikut beberapa cara mengatasi Mozilla Firefox yang not responding.

Melakukan Pemeriksaan pada Add-ons

Dalam beberapa kasus yang menyebabkan masalah pada Firefox misalnya, lemot, hang ataupun freeze bisa disebabkan oleh add-on, entah itu terlalu banyak ataupun tidak sadar menginstall add-on yang justru bisa menyebabkan masalah pada Firefox. Untuk itu cek kembali add-on yang terinstall di Firefox kamu. Jika add-on yang terinstall terlalu banyak, remove add-on yang jarang atau bahkan tidak pernah kamu gunakan lagi. Anda bisa mengakses Add-ons yang terinstall di Firefox melalui menu Settings > Add-ons > Extensions

Pastikan Firefox selalu Up-to-date

Disetiap versi Firefox yang terbaru pastinya ada peningkatan Perfoma serta perbaikan pada bug-bug yang ada. Nah dengan melakukan update pada Firefox Anda mungkin bakal bisa menghindari terjadinya Not Responding di Firefox. Cara updatenya pilih Options pada bagian kanan atas Firefox, lalu pilih Help (?) yang berada dibagian bawah bagian Options, kemudian pilih About Firefox. Dengan begitu Firefox mendownload versi terbaru atau Anda dapat mensetting Automatic update untuk mendapatkan update secara otomatis begitu sudah terkoneksi dengan Internet.

Pastikan tidak membuka Banyak Task Program

Perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki PC berspesifikasi minim tetapi membuka banyak Task Program. Jika Anda memiliki spesifikasi hardware yang minim, disarankan Anda tidak membuka banyak task pada saat menjalankan Firefox agar mengurangi terjadinya Not Responding. Hal ini karena membuka banyak task program di spesifikasi hardware yang minim akan sangat memakan resource, terutama pada RAM dan CPU, yang tentunya akan memperlambat dan memperberat kinerja Firefox.

Melakukan Pemeriksaan pada Plugins

Selain pada add-ons, penyebab masalah pada firefox bisa juga dari plugins, Anda bisa coba untuk mengunjugi Mozilla Plugin Check dan melakukan update ke semua plug-in yang sudah lama tidak terupdate. Kamu juga dapat mendisable semua plugins yang ada dan periksa mana yang menyebabkan Firefox crash dengan cara mengenable nya satu per satu. Jika sudah ketemu, remove plugin tersebut.

Melakukan Clean Install Firefox

Jika semua saran-saran diatas tidak membuahkan hasil pada Firefox Anda, Anda bisa menggunakan re-install pada Firefox secara "Clean" (bersih), termasuk menghapus Folder Firefox, plug-ins, add-ons, dsb. Untuk mempercepat prosesnya kamu dapat menggunakan software uninstaller seperti Revo Uninstaller.

Semoga bermanfaat....

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)