Menambahkan Ram Menggunakan Flashdisk di Windows

24 April 2019 Tutorial Komputer


Komputer memang sangat membutuhkan peranan dari RAM atau Random Access Memory yaitu memori yang berguna untuk mengalokasikan banyaknya memori yang akan digunakan oleh aplikasi yang berjalan di computer. Jika Anda menggunakan komputer dengan RAM kapasitas kecil pasti akan merasakan kinerja yang lambat dalam menggunakan software atau aplikasi. Sekarang ada cara lain untuk menambah RAM Anda dengan menggunakan fitur ReadyBoost yangterdapat pada Windows 7 dan Vista. Dengan ReadyBoost, Anda tidak perlu lagi membeli RAM dengan harga mahal tetapi Anda bisa menggunakan Flashdisk sebagai penggantinya serta cara penggunaan terbilang cukup mudah hanya dengan menghubungkan flashdisk dengan komputer lalu aktifkan Ready Boost.

Perlu diketahui tidak semua Flashdisk bisa support ReadyBoost, yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
1. Untuk Flashdisk yang digunakan sebaiknya yang memang sudah direkomendasikan untuk readyboost seperti SanDisk Cruzer, Verbatim Store n Go, Edge DiskGo, Corsair Flash Voyager, Lexar Lighting, Transcend JetFlash dan Crucial Gizmo.
2. Terdapat ruang kosong minimal 250MB
3. Mempunyai kemampuan melakukan write 1.75 Mb/s dan read 2.5 Mb/s.
4. Waktu akses data cepat sekitar 1 mili detik atau lebih cepat lagi.
5. Jika tidak memenuhi kreteria diatas bisa - bisa Flashdisk tersebut tidak kuat, maka bisa mengakibatkan kerusakan. Tapi tenang, rata - rata Flashdisk sekarang sudah bisa digunakan sebagai ReadyBoost


Berikut cara menambah RAM menggunakan Flashdisk di Windows:
1. Siapkan flashdisk yang akan digunakan sebagai RAM virtual. Kemudian colokkan ke komputer seperti biasa.
2. Tunggu hingga komputer mendeteksi flashdisk. Setelah itu buka windows explorer, klik kanan pada device flashdisk pilih properties.


3. Pada jendela Properties, kemudian pilh ReadyBoost. Nah di sana terdapat 3 opsi yang dapat Anda pilih, yaitu:
*. Do not use this device adalah opsi jika Anda sudah tidak mau lagi menggunakan USB tersebut sebagai virtual RAM
*. Dedicate this device to ReadyBoost jika Anda ingin menggunakan semua ruang yang tersisa dalam USB flashdisk
*. Use this device pilihan jika Anda ingin menggunakan sebagian dari USB flashdisk sebagai memory tambahan dan ingin menggunakan sebagiannya untuk keperluan lain, maka Anda bisa pilih Use this device, dan bisa mengatur pada slider berapa yang Anda ingin gunakan.


4. Kemudian Apply Dan Ok tunggu sampai ReadyBoost bekerja.
5. Sekarang Anda sudah mendapatkan tambahan RAM menggunakan Flashdisk.

Catatan:
*. Flashdisk harus kosong atau ada ruang tersedia.
*. Gunakan flashdisk dengan kapasitas minimal 255 MB dan maksimal 4GB. jika Anda menggunakan lebih dari itu maka hasilnya tetap sama hanya bisa digunakan sampai 4GB.
*. Jangan mencabut flashdisk atau menggunakan flashdisk jika flashdisk sedang digunakan sebagai RAM virtual atau ReadyBoost.
*. Usahakan saat ingin menggunakan ReadyBoost yang sudah terdapat di flashdisk, ke esokan harinya menggunakan plug yang sama saat menginstal ReadyBoost.
*. Diflashdisk Anda terdapat satu data program dan jangan di hapus, itu merupakan hasil dari ReadyBoost.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)