Mempercepat Shut Down di Windows 7

19 Juli 2019 Tutorial Komputer


Anda pernah merasa jengkel karena proses shut down komputer memakan waktu yang sangat lama? Shut down atau disebut juga turn off komputer merupakan proses mematikan perangkat komputer secara prosedur yang benar. Ketika kita memencet tombol shut down maka otomatis komputer akan menutup dan menghapus cache program. Untuk perangkat komputer yang masih baru, shut down bukan menjadi sebuah masalah. Namun, bagi perangkat komputer yang sudah lama, atau sudah banyak terinstall program aplikasi, shut down bisa saja menjadi sesuatu yang menjengkelkan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan proses shut down sebuah komputer berlangsung lama, diantaranya adalah terlalu banyak aplikasi atau software yang dijalankan, sehingga komputer harus satu per satu menutup serta menghapus cache program. Update windows yang gagal juga berpotensi membuat proses shut down berlangsung hingga bermenit-menit.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dan mempercepat shut down ? Caranya adalah dengan mengaturulang system registry pada komputer agar shut down menjadi lebih cepat meskipun kita telah menjalankan banyak software.

1. Pada windows 7 klik start menu > kemudian ketik Regedit pada kolom pencarian.
2. Lalu akan tampil windows registry. Masuklah ke directory HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control. Pada pengaturan control, arahkan kursors pada WaitToKillServiceTimeout kemudian klik kanan pilih modify.

3. Ubah nilai value secara default nilainya adalah 12000 , untuk mempercepat shut down ubah angkanya jadi 5000-10000. Disarankan 7500 kemudian klikOK.


4. Selesai, cobalah matikan komputer Anda dan rasakan perubahannya..

Semakin kecil value registry, maka akan semakin cepat proses shut down. Tidak dianjurkan mengisi value di bawah angka 5000 karena mematikan komputer secara paksa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)