Mempercantik Tampilan Desktop dengan Circledock

18 Februari 2014 Tutorial Komputer


Circle Dock adalah aplikasi untuk mengorganisir desktop sehingga nampak menarik. Aplikasi ini akan menata shortcut dengan menggunakan icon dari Circle Dock (yang bertemakan Vista) secara melingkar sehingga mudah untuk diakses. Semakin banyak aplikasi yang dimasukkan shortcutnya pada Circle Dock, semakin banyak juga lingkaran yang akan terbentuk.

Apakah Anda memiliki banyak aplikasi yang sering digunakan saat bekerja dengan komputer PC atau laptop? Untuk lebih memudahkan menggunakan berbagai aplikasi tersebut, akan lebih mudah bila kita membuat shortcut pada desktop. Sistem shortcut ini terkesan agak kuno, dimana Windows 7 memperkenalkan sistem yang lebih menarik, yaitu Dock. Dimana Anda bisa meletakkan seperangkat shortcut pada semacam ‘dock’ yang mudah untuk diakses pada desktop. Tapi bagaimana bila Anda bukan pengguna Windows 7, tapi pengguna Windows XP yang klasik tapi masih relevan digunakan hingga sekarang? Jangan khawatir, Andatetap bisa tampil keren dengan menggunakan Circle Dock (sebetulnya bukan hanya untuk Win XP saja - Circle Dock juga bisa digunakan untuk Win Vista dan 7)

Setting-nya juga menawarkan beberapa modifikasi dimana Anda bisa menyembunyikan dock tersebut atau membuatnya selalu muncul. Anda juga bisa menggunakan fitur portabelnya sehingga memungkinkan untuk membawa Circle Dock di sebuah USB flashdisk.

Setelah prosedur instalasi, Anda akan mendapatkan lambang Windows (dengan gaya Vista) yang memiliki sebuah lingkaran kosong. Pada lingkaran inilah Anda bisa menambahkan berbagai shortcut aplikasi. Cukup dengan klik kanan, lalu menambahkan ikon dan kemudian mensetting agar ikon tersebut terhubung pada aplikasi tertentu sesuai dengan yang kamu inginkan.

Bila kurang puas dengan tampilan Circle Dock ini, Anda bisa mengubahnya dengan memanfaatkan fitur setting dari Circle Dock. Banyak hal yang bisa dikustomisasi dari sini. Ini memungkinkan Anda banyak berimprovisasi dengan desktop sendiri.

Circle Dock juga bisa diakses dari system tray desktop. Bila merasa kurang nyaman dengan tampilannya, maka untuk sementara bisa Anda sembunyikan pada system tray.

Fitur lengkap dari Circle Dock meliputi:

· Drag and drop file, folder, dan shortcut ke dalam dock berbentuk spiral

· Memutar dock dengan menggunakan mouse atau tombol panah di keyboard

· Kemampuan untuk menjalankan program dari USB flashdisk

· Bisa mensinkronisasikan antara dock dengan file, folder dan shortcut tertentu untuk ‘meluncurkan’ aplikasi atau membuka file tertentu yang sering diakses.

· Dock akan muncul dimana kursor mouse berada dengan menekan hotkey tertentu.

· Bisa digunakan pada komputer dengan banyak layar

Bila tertarik, Anda bisa mendownload circle dock di: http://circledock.wikidot.com/download-circle-dock . Halaman utama Circle Dock: http://circledock.wikidot.com/

Buat Anda yang masih menggunakan Windows XP atau Vista dan malas beralih ke Windows terbaru (Windows 8), Circle Dock adalah salah satu aplikasi menarik yang bisa digunakan untuk menghias desktop. Selain itu Anda juga bisa merasakan kepraktisan saat menggunakan aplikasi ini.

Hal yang perlu diketahui adalah, Circle Dock saat ini sedang dalam fase Alpha. Ini berarti Circle Dock masih dalam proses pengembangan dan masih memungkinkan jika didalamnya masih terdapat bug tertentu.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)