Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Mudah

29 Maret 2017 Tutorial Komputer


Memiliki laptop ataupun notebook memang menyenangkan, terlebih jika laptop tersebut masih berfungsi dengan benar. Namun terkadang sesuatu yang tidak diharapkan terjadi hingga membuat fungsi laptop menjadi tidak senyaman dulu karena laptop tidak dapat bekerja seperti biasanya. Misalnya saja tombol pada keyboard laptop ada yang tidak berfungsi sehingga kita kesulitan untuk mengerjakan sesuatu yang kita harapkan.Ada beberapa penyebab mengapa keyboard laptop menjadi rusak, misalnya karena pelumas keyboard yang mulai mengering, keseringan menggunakannya untuk bermain game, adanya debu yang mengendap didalamnya atau bisa juga karena tidak sengaja ketumpahan zat cair.

Nah, bagi Anda yang mengalami permasalahan keyboard yang rusak, berikut cara memperbaikinya:

  1. Buka semua tombol yang ada, lalu lepas susunan keyboard menggunakan obeng, taruhlah tombol keyboard dan key di tempat yang aman agar tidak hilang.
  2. Kemudian bersihkan bagian dalam keyboard yang sudah Anda lepas menggunakan cotton bud yang sudah diberi sedikit air sebelumnya.
  3. Bersihkan semua tombol yang sudah Anda lepas dengan menggunakan karet busa. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkat zat lengket yang mungkin melekat pada tombol keyboard Anda.
  4. Selanjutnya taruhlah semua permukaan kunci yang menghadap ke bawah, kemudian berikan pelumas ringan dan tunggu hingga mongering.
  5. Setelah selesai melakukan langkah diatas, Anda dapat memasang kembali semua tombol keyboard. Pastikan semua tombol terpasang pada tempatnya masing-masing.


Selain itu langkah-langkah diatas juga termasuk sebagai proses perawatan pada laptop Anda, jadi sesekali bolehlah Anda meluangkan waktu untuk memastikan kondisi laptop Anda. Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)