Memilih Antivirus untuk Laptop atau Komputer

24 Juli 2019 Tutorial Komputer


Antivirus untuk laptop atau komputer merupakan kebutuhan penting untuk menjaga agar terhindar dari serangan virus, malware dan semacamnya. Seperti yang diketahui, virus, malware, worm dan beberapa macam lainnya, merupakan penyakit bagi komputer. Apabila komputer sudah terinveksi penyakit tersebut, maka akan memberikan dampak yang tidak baik pada komputer, seperti kerusakan file, hilang, atau bahkan kerusakan aplikasi didalam komputer. Oleh karena itu, Antivirus sangat penting untuk melindungi laptop atau komputer dari serangan gangguan tersebut. Akan tetapi, menggunakan beberapa antivirus ternyata bukan jaminan komputer Anda aman. Untuk itulah Anda harus pintar dalam memilih antivirus untuk laptop atau komputer

Berikut beberapa tips memilih antivirus untuk laptop atau komputer yang baik:
1. Sesuaikan dengan kebutuhan
Apabila Anda seorang pekerja online, maka pilihlah antivirus yang cocok dengan hal tersebut. Begitu juga bagi yang sering menggunakan laptop untuk browsing internet, download atau game. Dengan begitu, maka penggunaan antivirus lebih sesuai kebutuhan.

2. Ringan
Sesuaikan kapasitas memori, hard disk serta prosesor dari laptop atau komputer Anda. Jangan sekali-kali memasang antivirus yang berat sedangkan keadaan laptop tidak memadai, alhasil komputer akan lemot dan menjadi tidak nyaman.

3. Mudah melakukan Update
Setiap saat virus selalu bermunculan dengan model yang berbeda. Untuk itulah antivirus kerap melakukan update mulai dari versi yang satu menjadi versi berikutnya. Untuk itulah dalam memilih antivirus sebaiknya dicari yang mudah melakukan update.

4. Kemampuan deteksi yang baik
Pengguna laptop atau komputer harus lebih selektif dalam memilih antivirus. Tidak semua antivirus memiliki kemampuan untuk mengatasi virus atau malware lainnya. Salah satu untuk mengetahui kemampuan dari antivirus, bisa dilakukan dengan melihat lisensi lembaga pengujian dari antivirus tersebut. Pilihlah antivirus dengan lisensi yang ternama dan rekomended.

Selain beberapa tips diatas, tentunya ada pula beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk memilih antivirus untuk laptop atau komputer

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)