Membuat Lagu Karaoke dengan Adobe Audition Versi 2.0.2

3 Maret 2014 Tutorial Komputer


Adobe audition adalah aplikasi multimedia untuk mengedit sebuah lagu. Gambarannya didalam nya adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.

Setelah instalasi awal, Adobe Audition pencarian untuk format audio yang kompatibel pada hard drive Anda tetapi meminta Anda yang jenis file yang ingin Anda kaitkan dengan hal itu. Jika program tersebut akan mendeteksi setiap file suara tunggal pada hard drive Anda berarti Anda perpustakaan Adobe Audition akan menjadi berantakan campur aduk.

Karaoke merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Sebagian orang tersebut mampu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melepaskan kepenatan dengan berkaraoke ria. Hal itu membuat maraknya tempat karaoke bermunculan. Lantas pernah terpikirkah Anda bagaimana cara membuat lagu biasa menjadi lagu dengan format karaoke? Nah, pada artikel ini penulis akan mengulas bagaimana cara mengubah lagu biasa menjadi lagu karaoke menggunakan Adobe Audition dan Audacity.

Lagu-lagu karaoke umumnya hanya terdapat musik tanpa adanya vokal yang mengiringi. Anda bisa memanfaatkan tool Vocal Remove yang ada di Adobe Audition untuk meminimalisir suara vokal yang ada pada sebuah lagu.

Berikut tutorial untuk menghilangkan suara vokal pada lagu menggunakan Adobe audition:

1. Siapkan sebuah lagu yang ingin Anda ubah, kemudian buka Adobe Audition.

2. Import lagu yang sudah disiapkan.

3. Selanjutnya pilih Favorites > Vocal Remove.

4. Save As dan beri nama serta ubah format audio sesuai keinginan Anda.

Catatan: Jika setelah proses Vocal Remove suara yang dihasilkan kurang keras, Anda dapat memilih Effects > Normalize > ubah menjadi lebih besar dari 100%.

Itu merupakan tutorial untuk menghilangkan suara vokal pada lagu menggunakan Adobe Audition. Lalu adakah software gratis untuk menghilangkan suara vokal karena kita ketahui bersama Adobe Audition merupakan software berbayar. Jangan khawatir penulis juga akan mengulas bagaimana cara menghilangkan suara vokal menggunakan software gratis yaitu dengan Audacity. Jika Anda belum memiliki Audacity bisa download disini.

Berikut tutorial meminimalisir suara vokal menggunakan Audacity:

1. Siapkan sebuah lagu yang ingin Anda ubah, kemudian buka Audacity.

2. Import lagu yang sudah disiapkan.

3. Selanjutnya pilih Effect > Vocal Remover (for centered-panned vocal)


4. Simpan dengan cara pilih File > Export dan beri nama sesuai keinginan serta pilih format audio sesuai keinginan.

Catatan: Suara yang dihasilkan setelah proses Vocal Remove pada Audacity tidak menghapus semua suara vokal namun akan lebih kecil dari suara asli.

Hanya lagu dengan kualitas terbaik yang bisa dihilangkan suara vokalnya dengan maksimal. Jika kualitas lagu yang akan Anda hilangkan jelek, tidak menutup kemungkinan suara yang dihasilkan akan rusak dan lebih jelek. Maka pilih lagu dengan kualitas terbaik agar suara vokal bisa terminimalisir dengan maksimal.

Selamat mencoba.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)