Membagi Partisi Hardisk di Windows Tanpa Hapus Data

1 November 2017 Tutorial Komputer


Beberapa dari Anda mungkin masih menggunakan cara format keseluruhan hardisk untuk membagi partisinya kembali. Cara tersebut tentunya sudah kuno, dan pastinya Anda harus melakukan bakcup terlebih dahulu pada data-data penting Anda. Nah, berikut ini cara membagi partisi hardisk di Windows tanpa harus memformat keseluruhan hardisk. Karena, cara ini hanya akan menggunakan sisa space kosong pada partisi hardisk Anda untuk dibagi kembali. Cara ini juga tidak menggunakan program tambahan, hanya menggunakan fitur Windows saja. Jadi, bagaimana cara membagi partisi hardisk tanpa harus format keseluruhan?

1. Klik kanan pada ikon My Computer. My Computer ini bisa Anda lihat pada Star Menu, atau pada Windows Explorer Anda. Pada opsi klik kanan yang muncul tersebut, Anda pilih opsi Manage.


2. Jika halaman Computer Management tersebut telah terbuka, maka silahkan Anda lihat pada bagian sidebar kiri. Pada sidebar tersebut, Anda cari menu yang bertuliskan Disk management. Setelah Anda mengklik pada menu Disk management tersebut, Anda akan melihat daftar dari drive atau partisi yang ada di hardisk Anda di jendela sebelah kanan.


3. Pada tahap ini, Anda bisa memilih mana drive atau partisi yang ingin Anda bagi space kosongnya untuk menjadi partisi yang baru. Pada contoh ini dipilih drive partisi dengan huruf H. Lalu, klik kanan pada partisi yang ingin dibagi tersebut. Dari beberapa opsi klik kanan yang muncul, silahkan Anda pilih pada opsi Shrink Volume.


4. Selanjutnya lihat pop up jendela baru yang muncul. Pada jendela ini silahkan Anda tentukan besar partisi baru yang ingin Anda buat. Tetapi, pastikan jumlah atau kapasitas dari partisi baru yang ingin Anda buat tidak lebih besar dari jumlah space kosong pada partisi yang ingin dibagi tersebut. Contoh, total space pada partisi tersebut 40GB, dan yang terpakai sebesar 20GB. Jadi, Anda hanya bisa membagi partisi tersebut tersebut di bawah dari 20GB. Jika telah memastikan jumlah kapasitas yang ingin dibagi tersebut, silahkan klik pada tombol Shrink.


5. Kecepatan dari proses Shrink ini tergantung dari spesifikasi komputer, dan juga kecepatan hardisk Anda. Jika proses tersebut telah selesai, maka Anda pun akan menemukan sebuah partisi baru yang bertuliskan status Unallocated. Karena statusnya tersebut masih Unallocated, itu berarti partisi tersebut belum terdaftar pada sistem operasi Windows Anda, dan drivenya pun belum terbaca. Untuk membuatnya terbaca dan bisa digunakan pada komputer Windows Anda, maka silahkan format terlebih dahulu partisi tersebut.


6. Untuk memformat partisi atau drive unallocated, silahkan Anda klik kanan pada partisi tersebut, lalu pilih New Simple Volume. Silahkan masukkan jumlah kapasitas yang ingin Anda gunakan pada partisi baru tersebut (Anda pilih saja untuk menggunakan semuanya), dan pastikan Anda memilih NTFS. lalu klik tombol Next hingga proses format selesai.


7. Jika proses format telah selesai, maka kini status dari partisi tersebut sudah berubah menjadi Primary atau Logical drive. Dan, partisi baru tersebut sudah bisa Anda gunakan untuk menyimpan data baru Anda.


Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)