Mau Beli Hardisk Bekas? Cek Kondisi Hardisk dengan HD Tune

21 Agustus 2017 Tutorial Komputer


Untuk langkah awal melakukan pengecekan kondisi hardisk bekas yang Anda ingin beli adalah dengan mendownload terlebih dahulu software yang bernama HD Tune. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk melakukan pengecekan pada hardisk dengan cepat. Setelah Anda mendownloadnya, silahkan pasang software tersebut pada komputer atau laptop dari toko tempat Anda membeli hardisk bekas tersebut. Tetapi, sebelumnya pastikan hardisk bekas yang ingin beli tersebut sudah terpasang pada komputer tersebut. Lalu, setelah itu ikutilah langkah-langkah ini untuk pengguna software HD Tune:

1. Cek suhu dari hardisk yang Anda ingin beli. Jika suhu pada saat hardisk tidak sepenuhnya beroperasi mencapai 37 atau 45 derajat sebaiknya Anda batalkan untuk membeli hardisk tersebut. Karena, kondisi normal untuk hardisk yang sedang terpakai itu adalah 37 derajat celcius. Dan, kalau tidak terpakai, seharusnya 0 derajat saja.


2. Lihat kondisi hardisk dari software HD Tune. Kondisi yang bisa Anda lihat adalah status OK, Warning, atau pun Failed. Jika status dari hardisk yang ditampilkan tersebut, adalah OK dan berwarna hijau, maka hardisk itu baik-baik saja. Urungkan niat Anda jika sudah berada dalam kondisi Warning apalagi Failed.


3. Cek hardisk bekas dengan HD Tune dengan mengecek bagian error-nya. Cek pula pada kecepatan pada saat proses scaning dari hardisk tersebut. Jika pada saat proses scanning-nya masih di atas dari 100MB/s itu berarti kondisi hardisknya masih bagus, dan kecepatan transfer datanya juga masih cepat. Tapi, jika sudah menyentuh angka 50MB/s, maka langsung saja Anda tinggalkan hardisk tersebut.


4. Saat proses scanning hardisk sedang berlangsung, ada tanda terlihat berwarna merah pada kotak-kotak kecil di antara kotak hijau, maka itu adalah tanda dari bad sector.


Umumnya kerusakan pada hardisk ini sangat di kenal dengan bad sector. Bad sector berarti ada kerusakan pada salah satu sector hardisk tersebut. Dan, sector yang sudah rusak tersebut, pasti tidak dapat Anda lagi gunakan, sehingga kapasitas penyimpanannya pun akan berkurang lagi.

Itulah langkah menggunakan HD Tune untuk tips membeli hardisk bekas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)