Masalah pada Keyboard Laptop? Ini Cara Menanganinya

30 Juni 2017 Tutorial Komputer


Keyboard pada laptop memang terkadang mengalami masalah. Masalah-masalah tersebut bisa saja terjadi karena software, sistem operasi, atau pun karena hardware. Semua itu tentunya harus dilakukan troubleshot terlebih dahulu untuk memastikan letak kerusakannya. Nah, berikut beberapa masalah pada keyboard yang sering dijumpai beserta solusi sederhananya.

Masalah karakter


Masalah karakter ini biasanya karena membeli laptop dari luar negeri (Arab, China, India dan lain-lain), sehingga karakter huruf dari negara tersebut terbawa di dalam laptop ini. Nah, untuk menangani masalah seperti ini sebenarnya cukup mudah. Ini hanya membutuhkan sedikit konfigurasi pada settingan sistem operasi laptop tersebut, khususnya yang menggunakan Windows.

Huruf berubah jadi angka (numlock)


Masalah keyboard laptop yang hanya menampilkan angka saat menekan beberapa huruf tertentu ini cukup mudah juga untuk ditangani. Permasalahan ini biasanya muncul pada laptop yang menyertakan tombol Numlock. Sebenarnya secara default dari pabrikan settingan keyboard ini tidak mengaktifkan tombol numlock tersebut. Namun, mungkin karena user atau pengguna secara tidak sengaja menekan tombol numlock tersebut, sehingga kebingungan mencari solusinya, yang ujung-ujungnya install ulang. Caranya, hanya dengan menekan tombol "fn" bersamaan dengan tombol yang ber-ikon keyboard pada laptop Anda. Tombol dengan ikon keyboard ini biasanya berada di bagian atas antara "F1 sampai F12". Ada juga laptop yang menyediakan tombol "fn" ini pada sebelah kanan dekat dengan tombol CapsLock.

Gunakan system restore


Permasalahan pada keyboard yang mengharuskan untuk menggunakan fitur system restore ini biasanya sudah cukup parah. Di mana saat menekan tombol pada keyboard, maka laptop tersebut akan berbunyi seperti berdengung yang cukup mengganggu dan membuat penggunanya berhenti menggunakan laptop tersebut. Permasalahan seperti ini biasanya terdapat pada software, system operasi, atau pun pada hardwarenya. Dan, pada saat ini masalah yang ditemui kebetulan hanya pada system operasinya. Karena tidak membawa installer Windows, maka yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan fungsi dari System Restore. Dengan system restore ini kita mengembalikan settingan pada laptop sejak pertama kali instal. Walaupun cara ini tidak bertahan lama, tapi usernya pun kembali menggunakan bisa menggunakan laptop lagi. Akan tetapi, itu tetap harus dilakukan instal ulang lagi.

Menggunakan on-screen keyboard


Pada sistem operasi Windows, telah dilengkapi dengan fitur yang bernama On-Screen Keyboard. Fitur ini sangatlah berguna untuk membantu jika sewaktu-waktu keyboard pada laptop Anda sedang bermasalah. Untuk bisa mengakses fitur On-Screen Keyboard ini maka silahkan Anda buka pada Start menu -> Accessories -> Ease of access -> On-Screen Keyboard. Nah, keyboard Anda pun akan tampil pada layar laptop Anda. Anda cukup memanfaatkan mouse Anda untuk mengklik setiap huruf yang ada.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)