Lindungi Kata Sandi Account Anda dengan Cara Ini...

4 Maret 2013 Tutorial Komputer


Berselancar di dunia maya tidaklah terlepas dari kejahilan dan keusilan oleh sesama pengguna internet. Untuk menghindari keusilan tersebut beberapa bahkan hampir semua aplikasi di internet di berikan kata sandi atau password untuk melindungi data anda. Seiring dengan perkembangan zaman yang cukup pesat, kata sandi atau password pun bisa dibobol oleh para hacker. Hacker sendiri merupakan peretas suatu sistem data yang terdapat di komputer dari data penting hingga password bisa diketahui.

Memang ancaman keamanan di dunia maya bukan lagi menjadi hal baru. Banyak di antara kita menggunakan password akun email atau media sosial lainnya dari berbagai hal yang mudah diingat. Jika anda tidak berhati-hati dalam menjaga password, bisa-bisa anda menjadi santapan empuk bagi para hacker.

Demi menjaga keamanan informasi dan identitas kita di dunia maya, berikut ada beberapa cara membuat password yang aman dan jauh dari jangkauan para hacker:

1. Hindari penggunaan kata-kata umum
Meskipun sudah menggunakan kombinasi simbol atau angka pada password, tapi beberapa program dapat meretas password melalui database kata-kata umum yang sudah tersimpan.
Untuk mensiasatinya, Anda dapat menyelipkan angka-angka diantara huruf. Seperti misalnya,"pas345wrd6". Atau cara lainnya yakni dengan membuat singkatan dari suatu kalimat seperti SATPAM singkatan dari "Saat Aku Tidur Pasti Ada Maling".

2. Buat kata sandi dengan karakter yang panjang
Umumnya beberapa situs merekomendasikan password minimum terdiri dari delapan karakter, tetapi jika memungkinkan sebaiknya password terdiri dari 14 hingga 25 karakter.

3. Gunakan kombinasi huruf dan angka pada kata sandi
Kombinasi angka dan huruf dalam satu password merupakan salah satu cara terbaik. Kombinasi itu juga bisa disiasati dengan menggunakan huruf besar dan kecil yang dilengkapi dengan berbagai simbol seperti tanda seru. Contohnya, "PaSsWoRD!14" lebih aman dibandingkan "password14".

4. Hindari kata yang mudah ditebak
Jangan menggunakan password dengan nama atau angka yang sifatnya pribadi, seperti nama pasangan atau anak, tempat lahir, dan tanggal ulang tahun.
Sebaliknya, kata atau angka yang mudah ditebak tersebut bisa diganti dengan angka kode pos atau berbagai informasi lain yang tidak mudah ditebak.

5. Mengganti huruf dengan angka atau sebaliknya
Misalkan menggunakan angka 0 sebagai pengganti huruf O, atau mengganti huruf S dengan simbol mata uang Dollar. Seperti contoh "$0ny4"

6. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk semua account
Hal ini untuk menghindari orang lain yang bisa dengan mudah mengakses akun-akun pengguna, terutama jika mereka mengetahui bahwa password yang sama juga digunakan untuk berbagai akun lainnya.
Jika takut lupa, maka bisa saja membalikkan password antara akun satu dengan akun lainnya. Contohnya, pada akun A, password Anda "paSswoRd123" kemudian untuk akun lainnya diubah menjadi "12paSswoRd3

(Dikutip dari berbagai sumber)