Langkah Mudah Ganti Wallpaper Logon Windows 7

4 Juni 2018 Tutorial Komputer


Tampilan gambar latar pada Logon Windows 7 secara default telah ditentukan oleh Microsoft. Jika kamu bosan, ada cara mudah untuk menggantinya. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk itu, cukup dengan cara menyunting registri dan sedikit modifikasi pada konfigurasi bawaan Windows 7.

Untuk mempercantik tampilan dan menambah rasa kangen kita untuk menyalakan laptop atau komputer kita, ada cara tersendiri yaitu dengan mengganti gambar background Logo Windows 7 pada saat Log On. ganti saja gambarnya dengan gambar favourite kita seperti foto keluarga, anak, sahabat, atau pacar;), atau foto kegemaran kita seperti mobile, musik, idola, pemandangan dan lainnya sesuai selera. Namun trik berikut ini hanya berlaku pada Windows 7 Professional, Enterprise, dan Ultimate Edition saja.

Berikut langkah-langkahnya:
1.Modifikasi registry

Klik Start, pada kolom search ketik regedit dan tekan Enter. Masuk ke ke direktori kunci HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionAuthenticationLogonUIBackground. Pada kolom di sebelah kanan terdapat nama OEMBackground. Klik ganda, ubah Value data menjadi 1 dengan pilihan base pada hexadecimal, klik OK dan tutup regedit.


2. Ubah policy
Selanjutnya masuk ke Local Group Policy Editor. Klik Start dan pada kolom search ketik gpedit.msc dan tekan Enter (fungsi ini tidak terdapat pada Windows 7 Starter, Home Premium, dan Home Basic). Pada jendela Local Group Policy Editor, arahkan ke Computer ConfigurationAdministrative TemplatesSystemLogon. Cari nama setting yaitu Always use custom login background. Klik ganda dan pilih Enable untuk mengaktifkannya. Klik Apply dan tutup jendela.


3. Folder gambar
Kamu bisa memilih gambar apapun berformat JPG. Jika ingin tampilan gambar sempurna, pastikan gambar tersebut memiliki resolusi yang disesuaikan dengan resolusi layar monitor dan ukuran file tidak boleh lebih dari 256 KB. Masuk ke folder C: WindowsSystem32oobeinfobackgrounds. Jika hanya menemui folder C: WindowsSystem32oobe saja, kamu bisa membuat sendiri folder tersebut.


4. Pilih gambar
Setelah masuk ke folder background, secara default akan terdapat file JPG dengan nama BACKGROUNDDEFAULT. Jika folder ini kosong, tidak masalah karena kamu akan memasukkan sendiri file gambar yang telah kamu pilih. Sebelumnya rename dahulu nama file gambar yang kamu pilih menjadi BACKGROUNDDEFAULT.JPG. Usahakan untuk memilih gambar dengan resolusi yang sesuai dengan monitor. Untuk gampangnya, kamu bisa mengikuti resolusi dari gambar BACKGROUNDDEFAULT yang sudah ada sebelumnya.


5. Test wallpaper
Proses selesai, untuk mencobanya kamu tidak perlu melakukan restart, cukup tekan tombol Windows+L dan lihat perubahan yang terjadi pada tampilan pada Logon.

Selamat Mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)