Langkah Menampilkan File Hidden (Files Folder)

6 Juni 2018 Tutorial Komputer


Dalam System Operasi Windows (Seperti Windows Xp,7,8), folder atau file yang tersembunyi secara default tidak akan ditampillkan. Folder tersembunyi atau biasa kita kenal sebagai hidden folder atau protected operating system. Files folder yang tersembunyi atau hidden kadang membuat kita tidak menyadari bahwa banyak kapasitas harddisk yang terpakai oleh file folder tersebut, kadang kita melihat secara sepintas di windows explorer bahwa tidak banyak file yang ada pada media penyimpanan kita, akan tetapi pada saat kita ingin menyimpan data pada media tersebut ada peringatan bahwa disk tidak mencukupi atau no space sehingga kita tidak bisa melanjutkan untuk menyimpan file lagi.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, kemungkinan banyak file folder yang di hidden, entah itu karena virus atau memang sengaja untuk disembunyikan. Jadi jika Anda ingin menghapus atau memindahkan file folder yang di hidden maka yang Anda harus lakukan adalah menampilkan dahulu file folder yang dihidden.

Berikut langkah untuk menampilkan file hidden pada windows explorer:
1. Langkah pertama masuk ke folder yang ingin ditampilkan foldernya
2. Langkah kedua pilih tool pada menu bar dibagian atas


3. Selanjutnya pilih folder option
4. Pada jendela folder option pilih view pada menu bar dan centang show hidden files, folder and drive seperti pada gambar dibawah ini.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags