Langkah Gampang Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Minta Format Terus

24 Juni 2019 Tutorial Komputer


Flashdisk minta format? Jangan Panik, ini merupakan hal yang pertama Anda lakukan ketika Anda membuka Flashdisk/Memory Card muncul peringatan untuk memformat Flashdisk atau Memory Card. Pastinya sedikit banyak kepanikan akan ada dalam fikiran Anda, dan bahkan mungkin timbul pertanyaan-pertanyaan dalam benak Anda.

*. Bagaimana jika nanti datanya hilang,
*. Bagaimana jika flashdisk tidak bisa terbaca,
*. Bagaimana menyelamatkan data dari flashdisk yang minta format, dll

Jika Anda sudah bisa tenang dalam menghadapi hal seperti ini, pasti akan ada cara untuk menyelamatkan data yang tersimpan dalam Flashdik atau Memory yang minta di format, selama kerusakannya masih belum parah.

Berikut langkah mudah mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Minta Format Sendiri.
1. Buka Command Promt (tekan tombol Windows+R) lalu ketikan cmd kemudian tekan enter.

2. Lihat posisi drive Anda yang bermasalah apakah ada di D, E atau F dst silahkan pastikan terlebih dahulu.

3. Jika Anda sudah benar-benar yakin dengan posisi drive yang mengalami kerusakan, misalnya ada di drive D atau local disk D.

4. Masuk ke drive yang rusak tadi melalui command prompt ketikkan di D: kemudian tekan enter, setelah itu ketikkan lagi chkdsk /f untuk menjalankan prosedur check sekaligus repair error yg terdeteksi pada saat checking disk, lalu tunggu hingga proses pengecekan selesai dan windows langsung me-repair apabila terdeteksi error pada flasdisk, memory atau harddisk.

5. Jika saat menjalankan chkdsk /f pada command prompt muncul tulisan seperti berikut "Access Denied as you do not have sufficient previlages. You have to invoke this utility running in eleveted mode." itu berarti Anda tidak memiliki hak untuk menjalankan perintah tersebut, silahkan jalankan ulang command prompt dengan menggunakan akses Administrator, maka Anda tidak akan menemukan error itu lagi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)