Langkah Ampuh Membunuh Virus di Komputer

11 Juni 2015 Tutorial Komputer


Virus komputer merupakan salah satu dari beberapa jenis malware yang dapat merusak sistem komputer kita. Umumnya sebuah komputer yang telah terinfeksi virus ini mempunyai tanda-tanda yang menunjukkan penurunan performa komputer. Komputer yang terserang virus artinya penjagaan atau keamanan yang Anda lakukan di komputer masih kurang canggih untuk menangkal dan mencegah hadirnya virus. Ibarat ketika Anda maju di medan perang, gunakanlah senjata yang modern dan masa kini seperti tank baja untuk menangkal serangan musuh. Bagaimana mau menang perang kalau senjata musuh saja lebih lengkap dan lebih canggih daripada senjata yang Anda miliki. Inilah langkah penting yang wajib Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan komputer dari ancaman virus yang berbahaya.

Aktifkan firewall Anda

Firewall berguna sebagai pengamanan komputer dari hal-hal yang membahayakan, termasuk dari ancaman virus yang berbahaya. Firewall merupakan tembok pelindung bagi komputer ketika Anda melakukan koneksi internet. Banyak sekali ancaman-ancaman yang dapat timbul dari internet, virus juga dapat masuk lewat jaringan internet. Jadi dengan mengaktifkan firewall di komputer maka akan lebih meningkatkan keamanan komputer.

Lakukan scanning setiap saat

Scanning adalah proses mencari virus yang masuk dan menginfeksi komputer Anda di setiap drive, folder bahkan file. Ketika proses scanning mendeteksi adanya virus di komputer, maka antivirus akan melakukan tindakan lanjut terhadap virus tersebut. Bisa saja mengkarantina, menghapus atau memindahkannya. Dengan sering melakukan scanning, Anda dapat mengetahui kesehatan komputer serta keberadaan virus di komputer dapat dideteksi sejak dini. Jadi jangan malas untuk melakukan scanning virus.

Update antivirus

Untuk meningkatkan keamanan komputer atau laptop, Anda wajib melakukan update antivirus di komputer atau laptop. Tujuan dari aktifitas update antivirus adalah memperbaharui database antivirus yang lama ke database yang baru. Database antivirus yang baru tentu saja akan lebih ampuh melawan virus baru yang menyerang komputer. Update antivirus harus selalu Anda lakukan begitu muncul pemberitahuan bahwa sudah tesedia versi terbaru dari antivirus yang digunakan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)