Komputer Sering Restart dengan Sendirinya, Ini Penyebabnya

27 Maret 2019 Tutorial Komputer


Apakah penyebab komputer sering restart sendiri? Misalnya pada saat Anda sedang mengerjakan suatu pekerjaan tiba-tiba komputer restart sendiri atau ditandai dengan blue screen dulu kemudian baru restart dan hal ini terjadi berulang-ulang. Hal ini tentu cukup menjengkelkan bukan? Sebenarnya apa yang terjadi dengan komputer sehingga sering restart sendiri? Penyebab Komputer sering restart sendiri bisa karena beberapa faktor.

Berikut penyebab komputer sering restart dengan sendirinya:
1. Daya dari power supply tidak stabil

Power supply yang sudah lama biasanya akan mengalami penurunan dari kemampuan power supply itu sendiri sehingga catu daya yang dihasilkan juga berkurang, akibatnya komputer yang kekurangan daya untuk menyuplai seluruh komponen komputer sehingga akan menyebabkankomputer sering restart dengan sendirinya.

2. Kerusakan pada VGA Card
Kerusakan pada VGA Card juga sering menimbulkan efek blue screen pada komputer. Selain itu juga bisa di tandai dengan komputer mendadak hang kemudian gambar menjadi tampak pecah-pecah dan akhirnya komputer restart dengan sendirinya. Nah, kalau kondisi semacam ini terjadi maka dapat dipastikan bawah VGA Card komputer rusak.

3. Hardisk mengalami badsector
Badsector para hardisk menyebabkan sistem tidak berjalan dengan lancar sehingga komputer tidak bisa membaca data dari harddisk, Maka efeknya komputer sering mengalami hang / macet dan restart dengan sendirinya. Rawatlah harddisk anda dengan benar dan teratur. Hati-hati terhadap harddisk, apabila anda mencopot dan jatuh itu bisa mengakibatkan kerusakan yang serius terhadap harddisk anda.

4. Processor komputer mengalami overheat atau suhu dari processor terlalu panas
Suhu processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer mengalami restart dengan sendirinya, bahkan jika ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan komputer mati total. Processor cepat panas bianya disebabkan oleh pemasangan processor yang tidak tepat atau system fan tidak bekerja secara maksimal sehingga tidak bisa mendinginkan heatsink fan processor.

5. Kerusakan pada RAM atau memory
Memory yang rusak juga menyebabkan komputer sering mengalami restart dengan sendirinya. Biasanya slot memori kotor dan berdebu sehingga akan menghambat kinerja dari memori. Kasus yang sering terjadi adalah dengan ditandainya blue screen dengan adanya tanda pemberitahuan Dump Memory. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencopot memory tersebut kemudian membersihkan kaki-kakinya, dan kemudian pasang kembali.

6. Sistem Operasi mengalami masalah
Sistem operasi yang mengalami masalah akan menyebabkan system komputer tidak bisa me-load aplikasi dan program yang ada pada sistem operasi sehingga sistem komputer tidak bisa masuk ke sistem operasi. Untuk mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan melakukan install ulang pada sistem operasi atau melakukan repair.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)