Kelebihan dan Kelemahan Windows XP

10 April 2014 Tutorial Komputer


Windows XP merupakan Sistem Operasi Windows keluaran perusahaan software terbesar yakni Microsoft yang dirilis pada tanggal 25 Oktober 2001. Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan sistem operasi berbasis Windows NT dengan sistem operasi berbasis Windows 9x ke dalam sebuah produk.

Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP. Versi windows yang dianggap paling sempurna dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya atau bahkan dari windows vista maupun windows 7 untuk urusan kestabilan sistemnya. Microsoft Windows Xp sendiri mempunyai banyak kelebihan dan kelemahan diantaranya:

Kelebihan Windows XP:
1.Kinerja Windows Xp relatif stabil terutama dalam menggunakan aplikasi karena tak banyak memakan kinerja resource yang banyak memakan RAM sehingga stabilitas dapat diunggulkan.
2.Banyak vendor aplikasi yang membuat versi untuk windows yang satu ini sehingga mudah bagi pengguna untuk menjalankan mayoritas aplikasi yang umum digunakan.
3.Windows Xp dapat dengan mudah mengenali Mayoritas hardware yang terpasang dengan dukungan driver yang kompatibel.
4.Peran internet dapat digunakan dalam hal memonitor PC dari jarak jauh dengan bantuan software yang banyak tersedia.
5.Kenyamanan bagi pengguna dalam hal Troubleshooting dengan adanya Windows Remote Assistence sehingga dapat memonitor kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Kekurangan Windows XP:
1.Sistem keamanan yang kurang baik terutama ketika pengguna melakukan browsing, karena windows xp hanya menyediakan informasi file yang terinfeksi, dan tidak membersihkan file tersebut secara otomatis melainkan harus ada aplikasi tambahan.
2.Design Windows Xp terlalu monton sehingga kurang nyaman digunakan.
3.Sistem Autorun yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dapat menjadi penyebab virus bersarang lebih banyak dibandingkan windows 7.
4.Kecepatan dalam menerima, mengolah, dan memvisualisasikan data kalah dibanding windows 7 dan Vista.
5.Pengambilan data melalui jaringan LAN sangat lambat karena security center lambat menginformasikan data.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)