Kelebihan dan Kelemahan Kabel Shielded Twisted Pair (STP) dalam Jaringan Komputer

19 September 2018 Tutorial Komputer


Kabel STP atau kabel Shielded Twisted Pair adalah kabel jaringan yang secara fisik sama dengan kabel UTP atau UnShielded Twisted Pair akan tetapi perbedaannya adalah kontruksi kabel STP mempunyai selubung tembaga atau aluminium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Kabel STP mempunyai fungsi sama dengan kabel UTP yaitu untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain sehingga membentuk sebuah jaringan komputer. Komputer-komputer akan saling terhubung dengan switch atau perangkat jaringan lain sehingga masing-masing perangkat bisa berkomunikasi satu dengan yang lain.

Kabel STP memiliki 4 pasang kabel yang dipilin (twisted pair), sehingga kabel tersebut akan membentuk susunan tertentu. Akan tetapi setiap kabel memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kelebihan Kabel STP dalam Jaringan Komputer:

*. Kabel STP memiliki kemampuan lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dalam maupun dari luar
*. Kabel STP memiliki perlindungan dan antisipasi tekukan kabel sehingga sangat kuat dan awet.

Kekurangan Kabel STP dalam Jaringan Komputer:

*. Harganya relatif lebih mahal
*. Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi
*. Pada saat frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya "crosstalk" dan sinyal "noise"
*. Susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding)
*. Jarak jangkauannya hanya 100 m

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)