Kategori Perangkat Keras Komputer

13 Oktober 2014 Tutorial Komputer


Hardware atau yang lebih dikenal dengan perangkat keras pada komputer merupakan sekumpulan alat elektronik dari komponen-komponen komputer yang dapat diraba dan dilihat oleh kasat mata. Semua perangkat keras ini dihubungkan dan disusun menjadi satu untuk membentuk satu kesatuan yang memiliki keterkaitan struktur kinerja pada setiap komponennya. Struktur komputer dapat didefinisikan sebagai cara beberapa komponen perangkat keras komputer untuk saling berkaitan. Setiap perangkat keras komputer dapat dikategorikan berdasarkan fungsi dari perangkat keras tersebut.

Berikut kategori perangkat keras komputer:
1.Peralatan input, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi memberikan masukan ke dalam komputer untuk diproses. beberapa contoh peralatan input diantaranya seperti: keyboard, mouse, joystick, touch pad, scaner dan lain-lain.

2.Peralatan Proses, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses data dari peralatan input, contoh perangkat keras yang berfungsi sebagai peralatan proses antara lain: prosessor yang didukung oleh motherboard dan komponen lainnya.

3.Peralatan penyimpan data (data storage), merupakan perangkat keras komputer yag berfungsi sebagai media penyimpanan data. contoh perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan data diantaranyaa adalah hardisk, flashdisk, memori dan CD/DVD dan lain-lain.

4.Peralatan Output (Output Device), merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang akan dsampaikan kepada user(pengguna komputer), contoh peralatan yang berfungsi sebagai output device adalah monitor, proyektor, printer dan lain-lain.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)