Jenis-Jenis Virus Komputer

20 September 2019 Tutorial Komputer


Virus komputer adalah sebuah program perangkat lunak berbahaya yang ditulis dengan sengaja untuk memasuki komputer tanpa izin atau tanpa sepengetahuan pengguna. Virus komputer punya kemampuan untuk mengandakan dirinya sendiri, akibatnya dapat terus menyebar. Beberapa virus melakukan sedikit kerusakan, sementara yang lain dapat menyebabkan kerusakan parah atau mempengaruhi kinerja program dan sistem.

Sebagaimana virus penyakit pada manusia, virus komputer juga terdiri dari bermacam-macam jenis. Diantaranya:
1. Trojan, ialah virus yang memasukan dirinya pada suatu program. Akibatnya ialah virus tersebut menjadi aktif dalam memori komputer saat program itu sedang dijalankan atau dipakai oleh penggunanya.

2. Worm, yaitu virus yang berwujud suatu program yang secara otomatis dapat terinstal pada komputer bila ketika kita sedang menggunakan komputer dan membuka suatu situs internet.

3. Hacking, ialah virus yang dilakukan oleh seorang hacker pada komputer yang sambungan internetnya sedang diaktifkan dengan cara menyusup pada suatu alamat situs tertentu.

4. Backdor ialah virus yang dibuat dengan tujuan buat mengambil data yang bersifat pribadi dari pengguna komputer.

5. Malware, spyware serta adware, ialah virus yang digunakan buat menyebar promosi atau iklan. Meski tidak merusak namun cukup mengganggu pekerjaan.

6. Ransomeware dan Rogue ialah suatu program yang dibuat dengang tampilan seperti program antivirus, padahal sebenarnya justru merupakan virus. Jadi dapat disebut ini ialah program antivirus yang palsu.

Selain itu, ada banyak virus komputer lain yang memiliki potensi untuk menginfeksi data. Oleh karena itu, lindungi komputer kamu dengan menginstal perangkat lunak antivirus yang berkualitas tinggi dan asli. Selain itu jangan mendownload file di sebarang situs download gratis.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)