Ini Solusi Windows 8/8.1 Tidak Bisa Shutdown dan Sleep

19 Agustus 2019 Tutorial Komputer


Windows 8 ini sudah terbilang cukup lama di rilis oleh pihak Microsoft, tapi pada kenyataannya masih saja ada orang yang masih belum mengerti dan memahami penyebab dari permasalahan yang ada pada window 8 ini. Mungkin hal ini karena perubahan tampilan yang cukup drastis, sehingga akan membuat para pengguna yang awam menjadi sulit untuk memahami permasalahan yang terjadi pada windows 8 ini. Dari semua permasalahan yang terjadi di windows 8, disini akan memberikan satu solusi dari permasalahan yang dampaknya bisa dianggap cukup serius. Permasalahan yang akan saya bahas disini yaitu mengenai windows 8/8.1 tidak bisa shutdown atau sleep. Untuk Anda mengalami masalah komputer dengan sistem operasi windows 8/8.1 yang tidak bisa di shutdown atau sleep, ini solusinya untuk Windows 8/8.1 tidak bisa shutdown dan sleep.

1. Windows 8/8.1 Tidak Bisa Sleep
Jika mengalami hal ini ada baiknya Anda periksa dulu penyebabnya, biasanya penyebab dari permasalahan ini yaitu karena terjadi penginstallan aplikasi virtual box. Jika Anda menginstall aplikasi tersebut silahkan coba untuk un install dan cobalah untuk melakukan proses sleep.

2. Windows 8/8.1 Tidak Bisa Shutdown
Biasanya yang menjadi penyebab komputer dengan sistem operasi windows 8 tidak bisa shutdown adalah sebuah fitur baru yang dibuat oleh microsof yaitu bernama Fast Startup atau "Hybrid Shutdown" dimana fitur ini awalnya diperkirakan oleh microsof akan mengurangi waktu startup dengan cara melakukan hibernasi pada kernel session dari pada menutup aplikasi startup sehingga membuat proses hibernate akan berlangsung cukup lama, tetapi dengan adanya fitur ini ternyata menciptakan masalah baru.

Solusinya
1. Ketikan setting pada pencarian, setelah itu klik pada hasil pencarian setting.


2. Kemudian ketikan lagi tulisan power what dan Anda klik change what the power button do.


3. Pada jendela yang muncul, hilangkan ceklis pada turn on fast startup (recommended).


4. Klik save change.

Semoga dengan adanya trik ini dapat menambah pengetahuan dan membantu Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)