Ini Software Pengaman untuk Laptop

10 Mei 2019 Tutorial Komputer


Takut data-data penting Anda dicuri? Atau Laptop Andanda yang dicuri sama Maling? Tenang Software ini akan membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut. Kemampuan software ini memang cukup unik dan dapat diandalkan buat para pengguna laptop. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh software ini cukup banyak dan bermanfaat dalam perlindungan keamanan laptop Anda. Berikut adalah beberapa software yang dapat mencegah laptop Anda dicuri dengan membunyikan alarm, mendeteksi gerakan, dan bahkan jika sampai laptop Anda tercuri, dapat membantu melindungi data Anda.

Laptop Alarm

Laptop Alarm dapat memperingatkan Anda atas tiga keadaan, kabel power laptop Anda dicabut, mouse dicabut atau jika laptopdishutdown seseorang. Dan ini bekerja hanya pada komputer bersistem Windows.

LAlarm


LAlarm adalah program windows yang membantu Anda membuat berbagai jenis alarm untuk mencegah pencurian laptop. Program ini memiliki alarm pencurian, alarm disk, alarm jarak jangkau, penghancuran data dan recovery serta banyak lagi. Opsi konfigurasi sangat bagus dan mudah. Program ini gratis untuk penggunaan pribadi.

LaptopLock


LaptopLock adalah program proteksi data untuk laptop anda yang dapat melindungi data anda bahkan menghapusnyajika anda kehilangan laptop. Lebih lagi, dapat juga mengenkripsi data, menjalankan program, dan bisa melakukan banyak hal lagi ketika laptop anda dilaporkan hilang ke situs mereka.

Yawcam


Yawcam, seperti namanya, adalah program webcam yang dapat mengubah webcam Anda menjadi alat pendeteksi gerakan yang bisa digunakanuntuk mengawasi apabila ada orang yang berusaha mengakses komputer Anda ketika Anda tidak ada. Juga ada pilihan untuk pengiriman email otomatis dan upload gambar-gambar yang ditangkapnya.

Encryption Tools like Truecrypt


Selalu disarankan untuk mengenkripsi data di komputer Anda. Dengan demikian, jika ada seseorang yang berusaha mengakses komputer Anda, dia tidak akan melihat apapun selain tampilan acak dan kacau. Anda dapat menggunakan program open source seperti TrueCrypt atau Bitlocker.

Selamat mengamankan laptop dan data Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)