Ini Perangkat Keras Jaringan Komputer

23 Mei 2015 Tutorial Komputer


Perangkat keras jaringan komputer (hardware) adalah alat-alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam jaringan untuk tujuan berbagi data,berbagi informasi dan juga berbagi peripheral dalam jaringan. Jadi hardware adalah kebalikan dari software atau perangkat lunak komputer. Perangkat keras dalam jaringan komputer merupakan peralatan-peralatan yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sebuah jaringan komputer, peralatan tersebut meliputi: Konektor RJ 45, Kabel UTP, LAN Card, Switch, Router, modem, AP dan lain-lain. Jadi jika Anda ingin membangun sebuah jaringan komputer maka perlatan-peralatantersebut harus ada.

Berikut penjelasan dari perangkat keras dalam jaringan komputer:
1. LAN card, perangkatini sangat penting sekali untuk jaringan komputer dengan media kabel karena LAN Card merupakan jalur utama untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan yang lain.

2. Konektor RJ 45, konektorini digunakan jika pada komputer menggunakan NIC dengan port RJ 45 yang berfungsi sebagai penghubung antara kabel dengan LAN Card.


3. Kabel UTP, komponenini sangat penting sekali karena berfungsi sebagai lalu lintas utama jaringan, akan tetapi sekarang sudah mulai ditinggalkan karena kebanyakan orang menggunakan media tanpa kabel (WIFI).


4. Switch, merupakan menghubungkan komputer dengan jaringan yang lebih besar. prinsip kerjanya sama dengan HUB akan tetapi switch lebih pintar dibandingkan dengan hub.


5. Modem, merupakan perangakat yang akan menghubungkan kita ke jaringan internet


Perangkat keras diatas merupakan perangkat yang wajib ada jika kita ingin membangun jaringan internet.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)