Ini Kebiasaan Sepele yang Membuat Laptop Cepat Rusak

14 September 2018 Tutorial Komputer


Meskipun teknologi smartphone dan tablet berkembang sangat pesat, laptop nyatanya masih belum bisa digantikan oleh perangkat mobile. Bahkan untuk beberapa kalangan, seperti pelajar dan para pekerja kreatif, laptop menjadi suatu kebutuhan untuk mengerjakan tugas maupun pekerjaan. Sayangnya, tanpa disadari kita sering melakukan kesalahan sepele ketika menggunakan laptop dalam kehidupan sehari-hari yang akhirnya membuat performa laptop menurun bahkan rusak.

Inilah kesalahan sepele namun berdampak besar terhadap penggunaan laptop dalam jangka panjang:
1. Menutup Laptop dalam Keadaan Hidup

Anda pasti sering nih, setelah habis pakai laptop langsung menutupnya dalam keadaan hidup tanpa Shut down. Kalau cuma sesekali mungkin tidak masalah, tapi jangan jadikan kebiasaan. Menutup laptop secara langsung dalam keadaan hidup akan sangat berbahaya untuk keamanan dan kesehatan dari laptop itu sendiri. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari menutup laptop dalam keadaan hidup. Kalau perlu setelah Shut down, tunggu dulu beberapa saat agar hawa panas yang dihasilkan laptop tersalurkan dengan baik.

2. Pasang Charge ke Laptop Dulu atau ke Listrik Dulu?
Sebenarnya pasang charge ke laptop dulu, baru dicolok ke listrik atau malah sebaliknya? Nah, ternyata seharusnya Anda menyambung charge terlebih dahulu ke arus listrik, baru kemudian menyambungkan ke laptop. Pasalnya, loncatan daya pada charge saat pertama di colokan itu tidak stabil dan jika Anda masih melakukan hal ini secara rutin maka motherboard laptop Anda pasti akan mengalami kerusakan dengan cepat.

3. Charge Laptop Meski Baterai Tidak Habis
Mungkin Anda orangnya memang rajin sehingga sering men-charge laptop meskipun baterai masih belum habis. Jadi, sewaktu-waktu dibawa keluar, baterai laptop sudah penuh dan tidak harus repot mencari colokan listrik. Namun, usahakan sebisa mungkin untuk charge laptop ketika baterai hampir habis yakni mencapai 10 persen. Jangan biarkan sampai baterai laptop kosong dan jangan pula charge laptop jika baterainya masih di atas 30 persen. Hal itu justru akan membuat kemampuan baterai dalam menyuplai daya semakin berkurang.

4. Tidak Memasang Baterai Laptop dan Langsung ke Colokan Listrik
Apakah Anda pernah melepas baterai laptop dan menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik? Mungkin maksud hati ingin baterai laptop supaya tetap tahan lama, tetapi hal itu justru salah kaprah dan akan merusak mainboard laptop Anda. Pasalnya, loncatan daya listrik tidak teratur bahkan bisa menyebabkan korsleting. Jadi, bukannya awet malah cepat rusak.

5. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur
Karena di rumah, tentu saja Anda sering menggunakan laptop di mana saja. Misalnya, menggunakan laptop di kasur sambil memangkunya di atas paha. Nah, sebaiknya jangan melakukan kebiasaan ini lama-lama. Pasalnya, hal ini bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan panasnya akan mengendap.

6. Mengangkat Laptop dengan Memegang Layarnya
Saat sedang terburu-buru, tidak jarang Anda mengangkat laptop dengan memegang layarnya saja. Meski laptop Anda terbilang ringan sekalipun, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Jika masih dilakukan juga, hal itu akan berdampak buruk terhadap engsel dan LCD laptop Anda.

Itulah kebisaan sepele yang berdampak besar terhadap penggunaan laptop Anda dalam jangka panjang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)