Ini Dia Tips Jadi Programer untuk Pemula

1 Mei 2017 Tutorial Komputer


Programing merupakan ilmu yang susah susah gampang, programing akan menjadi hal yang sangat sulit jika kita tidak menyukainya. Akan tetapi programing akan menjadi hal yang mudah dan mengasyikan jika kita sudah menyukainya. Ada beberapa mahasiswa yang masih kesulitan dalam hal programing, bahkan dalam membuat program sederhana pun masih ada yang belum bisa melakukanya, padahal jurusanya adalah komputer. Namun apakah programing sesulit itu?

Nah, berikut beberapa tips untuk menjadi programer bagi pemula:
1. Mulailah pelajari Algoritma

Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi. Cukup rumit bukan pengertianya? singkatnya Algoritma adalah struktur dasar dari pemrograman, algoritma adalah alur dari program dibuat, algoritma dapat disebut sebagai konsep pemrograman. Jadi ketika sudah menguasai Algoritma, bahasa pemrograman apapun akan dengan mudah dikuasai.

2. Tentukan Fokusmu
Jika sudah menguasai Algoritma, mulailah untuk memfokuskan diri pada lingkungan yang akan dikuasai, setidaknya ada 3 yang bisa dipilih, yaitu:
*. Web Based, berfokus pada lingkungan web yang harus dipelajari tentu seperti HTML, CSS, PHP dan MySql serta masih banyak yang lainya, namun untuk awal keempat itu saja sudah cukup.
*. Dekstop Based, berfokus pada lingkungan dekstop seperti membuat aplikasi pemutar video, pemutar musik, kalkulator dan masih banyak lagi. Bahasa pemrograman yang dipakai juga bervariasi, ada yang menggunakan bahasa Pascal, C, C++ dan masih banyak lagi
*. Mobile Based, berfokus pada lingkungan mobile. Penulis tidak mengetahui banyak tentang yang satu ini, karena sampai saat ini penulis belum sempat mempelajarinya.

3. Rajin Berkumpul Di Forum
Tidak hanya mencari di Google atau situs web lainya, agar dapat mahir pemrograman rajin-rajinlah bergabung dengan komunitas pemrograman yang disukai. Saat ini sudah ada banyak forum pemrograman baik itu di Facebook, Kaskus atau situs lainya. Dengan bergabung diforum Anda dapat berlatih memecahkan masalah yang ditanyakan oleh member lain, atau Anda juga dapat mengajukan pertanyaan jika mengalami kesulitan ketika memecahkan masalah dari suatu program.

4. Rajin Berlatih
Langkah terakhir adalah banyaklah belatih.

Itulah tips untuk Anda pemula yang mau menjadi programer.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)