Ini Cara Mengatasi Wifi Limited Access di Laptop

10 Januari 2017 Tutorial Komputer


Gangguan pada jaringan wifi memang kerap kali terjadi. Gangguan tersebut bisa bermacam-macam penyebabnya, apalagi untuk yang menggunakan sistem operasi Windows. Untuk Anda yang memang sudah cukup familiar dengan sistem operasi Windows, tentunya akan jauh lebih mudah dalam melakukan setting pada laptop Anda untuk mencari tahu penyebab dari kegagalan konektivitas jaringan wifi ke hotspot. Tapi, bagi Anda yang kesulitan untuk mengatasi masalah tersebut, kebanyakan akan membawa laptopnya ke tukang service atau service centernya langsung. Walaupun memang permasalah Wifi laptop tidak bisa konek ini adalah masalah umum tapi tentunya ada berbagai hal yang mendasari penyebabnya, dan cara penyelesaiannya pun tergantung dari penyebabnya tersebut.

Nah, salah satu permasalahan yang sering muncul pada komputer yang Wifi-nya tidak bisa konek seperti ini adalah WiFi Limited Access. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut langkah-langkahnya:
1. Cek apakah memang Wifi hotspot tempat Anda terhubung memang sudah aktif atau terhubung ke internet. Kalau memang sudah aktif, maka tentunya permasalahan ini ada pada settingan PC atau laptop Anda.
2. Silahkan coba untuk masuk pada komputer Anda dan membuka Explorer. Di dalam jendela Explorer tersebut Anda pilih pada menu Manage -> Pilih Device Manager -> cari Network Adapters. Klik 2 kali pada menu tersebut untuk membuka halaman settingannya.
3. Di dalah menu tersebut Anda pilih driver Wifi yang terinstall pada komputer (PC atau laptop) Anda tersebut. Gambar di bawah ini menunjukkan kalau driver yang digunakan adalah menggunakan Atheros. Nah, sesuai dengan tipe atau nama driver laptop Anda sendiri.


4. Klik kanan pada nama driver Wireless komputer Anda tersebut, lalu pilih opsi Uninstall. Tunggu beberapa saat maka driver tersebut akan hilang pada laptop Anda.
5. Klik kanan pada sub-folder paling atas, yang sesuai dengan nama komputer Anda. Setelah itu Anda pilih pada opsi "Scan for hardware change". Silahkan Anda perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih memastikannya.


6. Setelah proses scan selesai, maka silahkan Anda coba terhubung ke jaringan wifi hotspot kembali. Jika, pada opsi Wifi Anda ini sudah memuncul keterangan Connected maka langkah-langkah di atas berhasil Anda lakukan.

Sebenarnya penyebab munculnya keterangan limited access wifi pada laptop ini ada banyak sekali. Dan, salah satu cara penyelesainnya itu adalah seperti langkah-langkah di atas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)