Hal yang Menjadi Penyebab Laptop Lemot

5 Mei 2017 Tutorial Komputer


Semua orang pastinya mengharapkan kinerja laptop yang cepat dan mudah digunakan, lancar untuk menjalankan aplikasi apapun. Normalnya laptop yang baru dibeli akan memiliki kinerja yang memuaskan, dapat menjalankan aplikasi apapun dengan lancer dan cepat. Tetapi lama kelamaan kinerja laptop kian menurun, bahkan terasa makin lambat atau lemot. Sebenarnya, lambatnya kinerja laptop itu juga karena cara kita menggunakanya. Untuk itu, berikut hal yang dapat menjadi penyebab laptop lemot.

Adanya Virus

Virus menjadi musuh utama dalam dunia komputer. Sekalipun sudah menggunakan anti virus, tidak ada jaminan komputer dapat benar-benar akan terhindar dari virus. Karena kadang ada virus yang tidak terdeteksi atau tidak dikenali oleh anti virus sehingga virus itu dibiarkan menjalar dan mengacak-acak sistem komputer. Ada banyak jenis virus, tapi yang paling sering membuat komputer melambat adalah Worm.

Kerusakan Pada Komponen Laptop

Terjadinya kerusakan pada komponen laptop dapat membuatnya menjadi lambat. Laptop disusun oleh banyak perangkat yang saling terhubung satu sama lain. Ada beberapa perangkat penting yang sangat berpengaruh ke laptop jika perangkat tersebut rusak. Hal yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada harddisk. Kerusakan yang terjadi pada harddisk yaitu Bad Sector. Bad Sector adalah kerusakan yang terjadi pada beberapa byte penyimpanan pada harddisk. Jadi ketika mengakses file yang ada pada sektor tersebut proses akan menjadi lambat, bahkan jika Bad Sectornya sudah terlalu parah komputer dapat mengalami Blue Screen.

Spesifikasi Komputer Tidak Memadai

Setiap aplikasi memiliki Recommended System Requirement untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Atau ada juga Minimum System Requirement, yaitu batas minimal agar dapat menjalankan aplikasi tersebut. Jika spesifikasi laptop kita tidak memadai atau masih dibawah Minimum System Requirement, tentu aplikasi tersebut akan berjalan lambat. Tidak hanya pada aplikasi itu, laptop kita juga akan melambat, karena semua sumber daya dialihkan untuk menjalankan aplikasi itu, sehingga aplikasi lain tidak mendapat alokasi.

Terlalu Banyaknya File Temporary

Ketika mengakses internet atau melakukan perubahan data pada komputer, akan ada file temporary yang disimpan didalam komputer. Lama kelamaan file temporary ini akan semakin banyak dan bertambah besar, sehingga mengakibatkan kinerja laptop makin melambat. Untuk itu, ada baiknya jika Anda rajin membersihkan file temporary. Saat ini ada banyak tersedia aplikasi di internet untuk membersihkan file temporary.

Banyaknya Menginstal Aplikasi

Terlalu banyak menginstal aplikasi juga dapat membuat kinerja laptop melambat. Bagiamana tidak, dengan banyaknya aplikasi yang diinstal, secara tidak langsung juga akan bertambah aplikasi yang akan dijalankan oleh laptop. Beberapa aplikasi juga secara default menjadi aplikasi Start Up yang otomatis berjalan ketika laptop dinyalakan. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mengatur apa saja program yang boleh berjalan otomatis saat komputer dihidupkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)